Kabar Kota Bima

Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Kota Bima: Menjaga Semangat Nasionalisme Menuju Indonesia Emas

698
×

Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Kota Bima: Menjaga Semangat Nasionalisme Menuju Indonesia Emas

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima menggelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116 tahun 2024, di halaman Kantor Pemkot Bima, Senin 20 Mei 2024. Kali ini, Harkitnas mengusung tema “Bangkit untuk Indonesia Emas”, agar dapat membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju Indonesia Emas.

Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Kota Bima: Menjaga Semangat Nasionalisme Menuju Indonesia Emas - Kabar Harian Bima
Kepala Dinas Kominfotik H Mahfud saat memimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024. Foto: Ist

Sekretaris Daerah Kota Bima H Mukhtar Landa yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Kota Bima: Menjaga Semangat Nasionalisme Menuju Indonesia Emas - Kabar Harian Bima

Tujuan peringatan 116 Kebangkitan Nasional tahun 2024 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya  Indonesia emas dalam bingkai negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Hari ini dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua”. ujarnya.

Sejarah latar belakang peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tanggal 20 Mei tak lepas dari berdirinya organisasi Boedi Oetomo atau Budi Utomo. Budi Utomo merupakan organisasi pemuda yang dicetuskan pada 20 Mei 1908 silam, yang dimasa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Organisasi Budi Utomo bermula dari sejumlah dokter dan  calon dokter yang berkumpul mendirikan organisasi modern. Banyak orang menaruh harapan pada organisasi ini dan menganggap sebagai motor penggerak bagi kemerdekaan  di tanah hindia belanda.

Selain Budi Utomo, Kartini juga merupakan pembaharu dalam menggagas sebuah imajinasi mengenai sebuah tatanan yang merdeka,dari merekalah semangat kebangkitan nasional lahir. Kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru. Pencetus cara berpikir baru, semangat kebangkitan nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia.

“Hari ini kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah di pancangkan para pendiri bangsa. Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini, kita harus menata masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri dan keyakinan,” jelasnya.

Kegiatan upacara tersebut turut dihadiri oleh Inspektur, seluruh staf ahli, asisten, Kepala OPD, Camat, Lurah, dan seluruh ASN lingkup Pemerintah Kota Bima.

*Kahaba-01