Kabar Kota Bima

Warga BTN Sambinae Krisis Air Bersih

2261
×

Warga BTN Sambinae Krisis Air Bersih

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Air merupakan kebutuhan sangat penting untuk manusia. Tidak tercukupinya kebutuhan vital itu, maka akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup.

Warga BTN Sambinae Krisis Air Bersih - Kabar Harian Bima
Tempat penampungan air bersih warga BTN Sambinae. Foto: Bin

Namun memperihatinkan persoalan hidup yang dihadapi warga BTN Sambinae. Mereka setiap hari harus bisa memastikan bak sebesar 550 liter terisi air. Jika tidak, aktivitas sehari-hari akan sangat terganggu.

Warga BTN Sambinae Krisis Air Bersih - Kabar Harian Bima

Kisman, warga BTN Kelurahan Sambinae mengatakan, semenjak proyek pekerjaan peningkatan SPAM jaringan perpipaan Tahun 2022, justru warga tambah krisis air. Akhirnya, harus menunggu kedatangan mobil tangki yang mendistribusikan air bersih.

“Sebelumnya cukup karena ada air dari PDAM. Tapi setelah proyek SPAM itu masuk, kami malah tambah susah dapat air bersih, karena hasil pekerjaan itu tidak berfungsi,” ungkapnya, Kamis 7 Mei 2023.

Saat ini, warga setempat hanya mengandalkan drop air dari Bank NTB. Jika tidak, maka harus membelinya atau mondar-mandir mengambil air menggunakan galon di luar kelurahan. Sementara distribusi air dari pemerintah sambung Kisman, sudah lama tidak berjalan.

“Mobil dari Dinas Sosial dan BPBD sudah lama tidak datang, hanya yang aktif dari Bank NTB,” katanya.

Warga BTN Sambinae Krisis Air Bersih - Kabar Harian Bima
Mobil tangki Bank NTB saat drop air di rumah warga BTN Sambinae. Foto: Bin

Demikian juga diungkapkan Din, warga BTN Sambinae saat ini alami krisis kebutuhan dasar tersebut. Hasil proyek SPAM tersebut malah membuat warga tambah sengsara saja.

“Debit airnya kecil sekali, sama saja tidak berfungsi,” tuturnya.

Untuk itu, mereka sangat berharap perhatian pemerintah agar bisa memenuhi kebutuhan dasar tersebut. Atau mencari solusi konkrit agar masyarakat setempat agar air bersih bisa tercukupi.

Sementara itu, Fitra supir mobil tangki Bank NTB F menyatakan, dirinya setiap hari datang membawa air di BTN Sambinae.

“2-3 kali perhari, Senin sampai Minggu. Saya tidak lagi pernah lihat masuk mobil tangki dinas dari pemerintah,” terangnya.

Selain di BTN Sambinae, dirinya juga mendistribusikan air bersih di Lingkungan Bina Baru Kelurahan Dara. Satu rumah, diberikan air sebanyak 550 liter.

“Sumber air kami ambil di Kantor BPBD, sementara operasional ditanggung kantor,” tambahnya.

*Kahaba-01