Kemah Bhakti Pramuka, Bangun Karakter Pelajar

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka meningkatkan pembinaan generasi pelajar yang berkarakter dan memiliki jati diri, Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Dikpora menggelar Kemah Bhakti Pramuka persaudaraan, selama lima hari (5-9/9) di So Kempa Lingkungan Ule Kelurahan Jatiwangi. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 762 orang siswa.

Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bima saat mengalungkan tanda peserta kemah. Foto: Eric

Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bima saat mengalungkan tanda peserta kemah. Foto: Eric

“Kegiatan ini sebagai sarana belajar, berkarya, memperkokoh persaudaraan dan persatuan sesama pelajar di Kota Bima,” ujar Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bima, Jailan, Selasa (6/9).

Pelaksanaan kemah bhakti pramuka, menurut dia, merupakan wahana bertemunya adik-adik pramuka tingkat siaga, penggalang dan penegak se-Kota Bima. Agar dapat berinteraksi dalam menyalurkan minat yang bersifat aktif, kreatif, inovatif dan edukatif.

Selama kegiatan berlangsung, lanjut mantan Kepala SMPN 2 Kota Bima itu, para peserta diwajibkan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan, juga bermacam lomba yang telah disiapkan panitia. Sehingga diminta kepada seluruh pelajar untuk mempersiapkan diri dengan baik, agar mampu menyelesaikan kegiatan dan lomba.

“Rangkaian kegiatan berupa penyuluhan oleh instnasi terkait, baik dari BNN, BPBD, BPPKB dab RAPI. Kemudian untuk kategori lomba ada pioneering (tali temali), jelajah, masak, hasta karya (kerajinan tangan), dan Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB),” sebutnya.

Sementara itu, ketua panitia Purnama Tajudin menambahkan, selama pelaksanaan kemah bhakti, pelajar diharapkan menjaga situasi dan kondisi, saling mengontrol dan dapat bekerjasama dengan baik. Serta beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral dan etika dalam setiap tindakan.

“Ikuti segala prosesi kegiatan dan saling menjaga satu sama lainnya, karena pramuka merupakan satu keluarga yang utuh. Kemudian bagi sekolah mendapatkan poin tertinggi, berhak mendapatkan piagam penghargaan, sertfikat, piala dan bonus dari pemerintah,” imbuhnya.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *