BLH Gelar Pencanangan Penanaman Mangrove Program CSR Pertamina

Kota Bima, Kahaba.-  Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bima menggelar kegiatan pencanangan penanaman mangrove program corporate social responsibility (CSR) PT. Pertamina Persero TBBM Bima, di pantai Niu Kota Bima, Kamis (27/10).

Penyerahan pohon mangrove dari Walikota Bima ke Direktur Pertamina Bima. Foto: Bin

Penyerahan pohon mangrove dari Walikota Bima ke Direktur Pertamina Bima. Foto: Bin

Pencanangan dilaksanakan Walikota Bima M. Qurais H. Abidin, dihadiri oleh anggota FKPD Kota Bima, Operation Head (OH) PT. Pertamina TBBM Bima, pimpinan BUMN/BUMD serta pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima.

Pencanangan kegiatan ditandai dengan penyerahan bibit mangrove oleh OH PT. Pertamina TBBM Bima kepada Walikota Bima. Selanjutnya Walikota menyerahkan bibit tersebut kepada jajaran BLH kota Bima untuk ditanam.

Kepala BLH Kota Bima, H. Syamsuddin dalam laporannya mengatakan, penanaman mangrove bersama Pertamina kali ini merupakan program berkelanjutan dari Pemerintah Kota Bima. Sebelumnya, telah dilaksanakan pencanangan yang sama saat hari bumi, penanaman digelar bersama Kementrian kehutanan. Berlanjut dengan program bersama dengan satu pohon sejuta manfaat, dan penanaman bersama dengan HMQ pada tanggal 15 Agustus lalu.

“Alhamdulillah penanaman semua sudah tumbuh dengan baik. Hari ini berlanjut dengan program yang sama dengan Pertamina, guna memperluas populasi mangrove di Kota Bima,” ujarnya.

Menurut pria yang bergelar Doktor tersebut, tujuan penanaman mangrove yakni mewujudkan produktifitas dan kualitas daerah pesisir. Dengan demikian, kualitas lingkungan juga akan terjaga dengan baik.

“Karena kondisi air laut sekarang pasang, maka penanaman akan dilaksanakan pada pukul 14.00 Wita, ketika air laut sedang surut. Pencanangan kali ini kita tanam sebanyak 5000 bibit pohon Mangrovie dikawasan Pantai Niu Kota Bima,” katanya.

Kepala BLH Kota Bima H. Syamsuddin saat menyampaikan sambutan. Foto: Hum

Kepala BLH Kota Bima H. Syamsuddin saat menyampaikan sambutan. Foto: Hum

Pada kesempatan yang sama, Walikota HM. Qurais H. Abidin pada sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pertamina, yang peduli terhadap lingkungan.

“Saya bangga dengan kepedulian Pertamian terhadap lingkungan melalui dana CSR nya. Jadi, kalau kita memang tidak peduli, maka lingkungan juga tidak akan terjaga dengan baik,” tuturnya.

Menurut Qurais, kegiatan ini menjadi satu rangkaian dengan arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yang datang berkunjung ke Kota Bima pada hari Selasa lalu. Yang meminta kepada masyarakat Bima untuk menjaga dan menata kawasan pesisir. Salah satu penataan pesisir Kota Bima yakni dengan mengembangkan hutan mangrove di sepanjang pantai Niu hingga Lawata.

“Langkah ini sudah dimulai pada tahun 2015 lalu, yang didukung oleh BNPB dan Kementerian Lingkungan Hidup dengan menghadirkan Iwan Fals sebagai Duta Lingkungan Hidup Indonesia,” ungkapnya.

Pemerintah Kota Bima juga menggandeng TNI dalam kegiatan pelestarian lingkungan dan penghijauan, baik itu penghijauan di kawasan hutan di gunung maupun pada lahan mangrove.

“Saya senang sekali jika pihak BUMN dan BUMD serta instansi vertikal turut ambil bagian dalam kegiatan pelestarian lingkungan ini, seperti yang dilaksanakan oleh PT. Pertamina,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur PT. Pertamina Persero TBBM Bima Fathoni menyatakan, Pertamina tahun ini turut serta melestarikan alam. Salah satu titik fokusnya yakni penanaman Mangrove diseluruh Indonesia. Terutama diprioritaskan disekitar wilayah Pertamina.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan program menabur 100 juta benih pohon Mangrove, yang dimulai sejak tahun 2011 lalu. Sampai tahun ini, diseluruh Indonesia sudah mencapai 88 juta pohon Mangrove,” sebutnya.

Fathoni berharap, dampak positif dari penanaman tersebut semakin memberikan kontribusi yang signifikan, dalam rangka memperlus kualitas lingkungan dan memperluas area pohon Mangrove.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Bima. Semoga kegiatan hari ini semakin merangsang semangat merawat lingkungan,” ucapnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *