Seminar Revolusi Mental, TA Desa Hadirkan Bambang Prakoso

Kabupaten Bima, Kahaba.- Tenaga Ahli (TA) Desa dari Kementerian Desa bekerjasama dengan BPMDes Kabupaten Bima menggelar Seminar Revolusi Mental Berbasis Mind Power, Jum’at (16/12). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMK Negeri 3 Kota Bima selama satu hari menghadirkan motivator nasional, Bambang Prakoso. Seminar dibuka secara resmi oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri.

Seminar Revolusi Mental di SMKN 3 Kota Bima. Foto: Ady

TA Desa Kabupaten Bima, Abdul Rauf mengatakan, para peserta seminar berasal dari perwakilan perguruan tinggi, OKP, mahasiswa, pelajar, organisasi pemuda, masyarakat umum, Pendamping Desa dan para Kepala Desa se-Kabupaten Bima. Seminar yang digelar terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

Seminar Revolusi Mental digelar jelasnya, karena melihat masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat Bima khususnya masih tertinggal lantaran disebabkan cara berpikirnya juga masih tertinggal. Padahal sebuah bangsa dan daerah bila ingin maju, maka harus didasari cara berpikir maju pula.

Karenanya kata Rauf, Semintar Revolusi Mental bertujuan untuk mendorong perubahan daerah hingga tingkat desa. Perubahan yang diharapkan dimulai dari cara berpikir (mindset) masyarakat, terlebih bagi Kepala Desa dan perangkatnya.

“Dengan keiikutsertaan Kepala Desa dalam seminar ini kita harapkan bisa memahami bagaimana desa yang dipimpinnya bisa berubah lebih baik dengan perubahan cara pikir terlebih dahulu,” terang Rauf.

Demikian juga Pendamping Desa lanjutnya, diharapkan dapat membantu mewujudkan perubahan terhadap desa yang didampingi. Bahkan untuk mendorong perubahan di desa, secara khusus pihaknya membuka kesempatan kepada para calon motivator untuk mengikuti pelatihan lanjutan tentang Mind Power.

Dalam rangka mendorong perubahan yang lebih besar dan massif, pihaknya telah meminta dukungan kepada Bupati Bima untuk mengarahkan BPMDes dan Desa sehingga bisa bersinergi dengan TA Desa dalam kerja-kerja merubah cara berpikir secara lebih luas.

“Yang kita bangun pertama adalah cara pikir. Kalau ini sudah berubah, kita punya pasukan dari Pendamping Desa ini bisa langsung mendampingi pada tingkat aplikasi di desa,” urainya.

Untuk membantu memimbing perubahan cara berpikir tersebut, pihaknya secara khusus menghadirkan Motivator Nasional berpengalaman, yakni Bambang Prakoso. Pendiri Lembaga Alfateta yang juga penulis 31 buku motivasi ini akan berada di Bima selama tiga hari mengisi seminar dan pelatihan.

*Kahaba.-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *