Kabar Kota Bima

21 Peserta Pemagangan ke Jepang Dilepas Sekda Kota Bima

1581
×

21 Peserta Pemagangan ke Jepang Dilepas Sekda Kota Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Setelah melalui proses pelatihan dan praktikum, sebanyak 21 peserta yang telah mengikuti kegiatan pemagangan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Bima dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda), di Aula Kantor Pemerintah Kota Bima, Selasa 10 Oktober 2023.

21 Peserta Pemagangan ke Jepang Dilepas Sekda Kota Bima - Kabar Harian Bima
Foto bersama 21 peserta pemagangan ke Jepang dengan Sekda Kota Bima. Foto: Ist

Sekjen Sahabat Jepang Indonesia (SJI) Kota Bima Ending Suriawan dalam laporan menyampaikan, sebelum dilepas seluruh peserta mengikuti agenda pelatihan selama 3 bulan di BLK Kota Bima.

21 Peserta Pemagangan ke Jepang Dilepas Sekda Kota Bima - Kabar Harian Bima

“Selama pelatihan, peserta memperoleh ilmu dasar Bahasa Jepang, budaya, etos kerja serta situasi lingkungan,” sebutnya.

Ending menjelaskan, usai dilepas secara resmi selanjutnya 21 peserta magang ini nanti akan mengikuti pelatihan lanjutan selama 3 bulan, dipusatkan di Kota Sidoarjo Jawa Timur.

Untuk itu, dia menyampaikan pesan agar peserta tetap menjaga kesehatan, motivasi dan rasa optimis dalam mengikuti rangkaian pelatihan tersebut. Karena saat ini tantangan di dunia kerja kompetitif, sehingga dibutuhkan kemampun dan keahlian untuk bisa masuk dalam industri kerja.

“Program magang ini tidak hanya dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan teknis saja, tapi juga digunakan untuk membentuk etika, karakter, sikap hingga etos kerja,” katanya.

Kepala Disnaker Kota Bima melalui Sekretaris Amsor menambahkan, setelah proses pelatihan di SJI Kota Sidoarjo, akan dilanjutkan dengan penguasaan materi Bahasa Jepang, interview dan lokasi penempatan kerja hingga pengaturan jadwal keberangkatan.

Adapun bidang pekerjaan yang akan dilaksanakan seperti, perawat, percetakan, garmen, pengolahan makanan dan konstruksi. Kemudian peserta akan ditempatkan sesuai dengan pilihan job dan daerah masing-masing, seperti Tokyo, Osaka, Nagoya dan lainnya.

Di tempat yang sama, Sekda Kota Bima H Mukhtar menyampaikan apresiasi pada SJI dan Disnaker Kota Bima, yang telah bekerjasama mensukseskan program pelatihan tersebut.

“Saya berharap seluruh peserta agar bisa mengikuti pelatihan dengan maksimal, dan bisa menjadi tenaga kerja terampil serta profesional ke depannya,” harapnya.

*Kahaba-04