Pendidikan

5 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi, SMKN 3 Kota Bima Raih Prestasi Gemilang

1950
×

5 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi, SMKN 3 Kota Bima Raih Prestasi Gemilang

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.-SMKN 3 Kota Bima meraih banyak prestasi gemilang selama 5 tahun kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB H Zulkifliemansyah dan Hj Siti Rohmi Djalillah. Salah satunya adalah lembaga pendidika yang bermoto “Sakola Karawi” tersebut, resmi ditunjuk menjadi sekolah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) tahun 2023.

5 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi, SMKN 3 Kota Bima Raih Prestasi Gemilang - Kabar Harian Bima
Pamflet prestasi SMKN 3 Kota Bima di bawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB. Foto: Ist

Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin menyampaikan, setelah melalui sejumlah proses panjang, mulai persiapan administrasi, sarana dan prasarana hingga penilaian oleh tim Visitasi. Akhirnya perjuangan serta kerja keras segenap guru, pegawai serta pelajar, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kota Bima ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sejak 2023.

Kepastian ditetapkan lembaga pendidikan dengan moto “Sekolah Karawi” itu sebagai BLUD, ketika Gubernur NTB H Zulkifliemansyah Mentandatangani Surat Keputusan di Kota Mataram.

“Alhamdulillah, ditetapkannya sebagai BLUD merupakan bagian dari kerja keras kami dalam meningkatan pelayanan publik di bidang pendidikan. Di antaranya pendidikan keahlian, kejuruan, vokasi yang kreatif, terampil dan mandiri,” ungkapnya.

Jainuddin tentu tidak bisa menyembunyikan rasa bahagia, haru dan juga bangga bahwa hasil kerjasama seluruh tim telah membuat hasil yang maksimal. Ke depan dengan berubah status penetapan SMK sebagai BLUD, maka akan terus memperbaiki serta meningkatkan kompetensi siswa, kemudian tata kelola keuangan yang akuntabel, penghematan anggaran, peningkatan sarana dan prasarana hingga kesejahteraan tenaga pendidik.

5 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi, SMKN 3 Kota Bima Raih Prestasi Gemilang - Kabar Harian Bima
Foto bersama Kepala SMKN 3 Kota Bima dengan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB. Foto: Ist

“Kami berkomitmen dengan ditunjuknya sebagai BLUD, maka prioritas ke depan berupa program penguatan SMK yang mengutamakan pengembangan pembelajaran, kurikulum maupun kemitraan industri,” katanya.

Ia menambahkan, keberhasilan itu tidak terlepas dari penguatan dan penerapan 11 Strategi SMK NTB gemilang karya sepert fokus penataan kelola yang baik, efektif dan efisien. Kemudian SMK harus segera menjadi BLUD karena memudahkan menjalin kerjasama dengan dunia industri.

Lalu pembelajaran berbasis produk yang dikemas dalam teaching factory, pembelajaran berbasis proyek yang dikemas dalam kelas wirausaha, membuat link and match antar SMK dengan dunia industri.

Kemudian pelaksanaan program magang guru ke dunia industri, agar para pendidik juga bisa mendapatkan update teknologi di dunia industri yang terkini, lalu program guru tamu, kemudian bursa kerja SMK, kemudian membentuk lembaga sertifikasi internal SMK, menumbuhkan kembali budaya kerja di lingkup SMK sampai dengan kunjungan Industri.

Dari Program 11 Strategi SMK NTB Gemilang Karya kata Jainuddin, SMKN 3 Kota Bima bertransformasi menjadi SMK yang unggul, bisa, hebat dan luar biasa dengan indikator ditetapkan menjadi SMK Center of Exelence (COE) di tahun 2020, SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) sejak 2021-2023, kemudian mendapatkan predikat Chief Executive Officer (CEO) dalam menjalankan roda kepemimpinan di sekolah. Bahkan prestasi SMKN 3 Kota Bima di bidang seni adalah meraih Juara 2 Nasional Film Pendek tentang stunting, yang diselenggarakan oleh BKKBN RI tahun 2022.

“Di penghujung berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB H Zulkieflimansyah dan Hj Sitti Rohmi Djalilah pada bulan September ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB dengan program unggulannya 11 Strategi SMK NTB Gemilang Karya, yang disinergikan dengan visi NTB Gemilang telah mencapai target oleh satuan pendidikan SMK –SMK yang yang ada di Wilayah NTB,” tandasnya.

*Kahaba-04