Pemilu

Bakesbangpol Kota Bima Helat Rakor, Kolaborasi Pihak Terkait untuk Keamanan Pilkada 2024

1001
×

Bakesbangpol Kota Bima Helat Rakor, Kolaborasi Pihak Terkait untuk Keamanan Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bima menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) pencegahan konflik sosial, menjelang suksesi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, di gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kamis 28 Maret 2024 itu.

Bakesbangpol Kota Bima Helat Rakor, Kolaborasi Pihak Terkait untuk Keamanan Pilkada 2024 - Kabar Harian Bima
Kepala Bakesbangpol Kota Bima Muhammad Hasyim saat memberikan sambutan acara Rakor pencegahan konflik sosial menjelang Pilkada 2024. Foto: Eric

Kegiatan dimaksud dihadiri Ketua KPU Kota Bima Suaeb, Wakapolres Bima Kota Kompol Herman, Kepala DP3A Syahruddin serta perwakilan FKUB, camat, lurah serta Ormas.

Bakesbangpol Kota Bima Helat Rakor, Kolaborasi Pihak Terkait untuk Keamanan Pilkada 2024 - Kabar Harian Bima

Kepala Bakesbangpol Kota Bima Muhammad Hasyim menyampaikan, dalam waktu dekat akan digelar pemilihan kepala daerah (Pilkada). Untuk penting bagi seluruh pemangku kebijakan agar duduk bersama, membahas tahapan serta pencegahan konflik sosial.

“Kita maklumi bersama dalam pesta demokrasi akan ada konflik, karena beberapa kepentingan dan merupakan bagian dari dinamika kehidupan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, meskipun akan ada konflik tapi konflik itu bisa dicegah bersama, sehingga tidak berubah menjadi konflik bernuansa kejahatan. Seperti diketahui bahwa peta konflik di Kota Bima terdapat beberapa faktor, di antaranya terkait teroris, narkoba dan gangguan sosial lainnya.

“Untuk tahun 2024 tentang kerawanan konflik politik, kita bersama berhasil mencegahnya baik selama pelaksanaan dan pasca pemilu serentak beberapa waktu kemarin,” katanya.

Hasyim menambahkan, mengingat tahapan Pilkada telah dimulai maka melalui pertemuan hari ini seluruh pihak yang hadir bisa menyatukan persepsi, dalam rangka menjaga keseimbangan, keamanan dan ketertiban dalam tatanan sosial di Kota Bima.

“Semoga dengan adanya Rakor ini, kita bisa berkolaborasi dan satukan persepsi untuk terus memberikan edukasi dan pemahaman pada masyarakat, terhadap pentingnya nilai gotong royong serta menjaga kerukunan, sikap persatuan dan kesatuan untuk jalannya Pilkada yang aman dan tertib,” tambahnya.

*Kahaba-04