Kabupaten Bima

Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Mulai Didistribusikan

7338
×

Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Mulai Didistribusikan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Bantuan pangan cadangan beras pemerintah Tahun 2023 mulai didistribusikan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pendistribusian di wilayah Kabupaten Bima dilepas secara resmi oleh Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri dan didampingi Plt Pimpinan Cabang Bulog Bima Driyanti A Suwiraningsih.

Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Mulai Didistribusikan - Kabar Harian Bima
Bupati Bima didampingi Pimpinan Cabang Bulog Bima saat melepas bantuan pangan cadangan beras pemerintah. Foto: Bin

Kegiatan dipusatkan di depan Pandopo Bupati Bima, Sabtu pagi 15 April 2023 juga dihadiri sejumlah pejabat terkait.

Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Mulai Didistribusikan - Kabar Harian Bima

Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri saat sambutan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bima mendapatkan alokasi bantuan pangan cadangan pemerintah kurang lebih 500 ton perbulan, yang akan diluncurkan selama 3 bulan.

Oleh karena itu, atas nama masyarakat dan pemerintah Kabupaten Bima dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Presiden RI, kemudian Kepala Badan Pangan Nasional dan BUMN, serta Bulog. Karena tentu saja ini adalah bentuk perhatian ataupun sentuhan langsung terhadap kondisi alam dan beberapa bencana yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Kepada seluruh pihak yang mengawal kegiatan ini, saya menitipkan harapan agar kegiatan ini tepat sasaran kemudian betul-betul diperuntukkan kepada penerima manfaat sesuai dengan SK yang sudah kita terima,” harapnya.

Kepada pendistribusi bantuan ini diharapkannya juga agar betul-betul menjalankan amanah ini secara berjenjang, sehingga dapat diterima tanpa kekurangan beratnya sesuai arahan yaitu 10 kilo per penerima manfaat.

“Kepada teman-teman supir dan para buruh yang mengawal program ini, agar betul-betul menjaga. Lebih baik terlambat dalam perjalanan, tetapi tiba dengan selamat dan tidak kurang suatu apapun,” pesannya.

Kepada instansi terkait Bupati Bima menginstruksikan agar bisa saling berkoordinasi, sehingga setiap bulan bantuan ini betul-betul dapat tersalurkan dengan baik.

Plt Pimpinan Cabang Bulog Bima Driyanti A Suwiraningsih menambahkan, kegiatan distribusi ini menindaklanjuti hasil rapat internal bersama Bapak Presiden pada tanggal 2 Maret 2023, mengenai
kebijakan bantuan sosial berupa beras.

Maka dengan ini ditugaskan kepada Perum BULOG untuk segera
melaksanakan penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), berupa bantuan pangan beras sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan Pasal 11 ayat (2) huruf d Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah.

“Bantuan pangan berupa beras diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 10 kilogram setiap keluarga, untuk jangka waktu 3 bulan terhitung mulai Maret
sampai dengan Mei 2023,” ungkap Driyanti.

Ia mengakui, jumlah penerima bantuan pangan berupa beras seluruh Indonesia sebanyak 21.353.000 Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Penyaluran ini dilaksanakan dengan memperhatikan
prinsip-prinsip good corporate governance dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.

“Untuk wilayah Bulog Bima, dialokasikan sebanyak 1.722.600 kilogram untuk 3 alokasi yakni Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu,” sebutnya.

*Kahaba-01