Kabar Kota Bima

Berdayakan Karang Taruna, Kelurahan Tanjung Kelola WC Portabel Selama Pasar Lebaran

1752
×

Berdayakan Karang Taruna, Kelurahan Tanjung Kelola WC Portabel Selama Pasar Lebaran

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kelurahan Tanjung mempercayakan Karang Taruna (KT) Bintang Laut untuk menjalankan pengelolaan jasa sewa WC Portabel selama jadwal Pasar Lebaran.

Berdayakan Karang Taruna, Kelurahan Tanjung Kelola WC Portabel Selama Pasar Lebaran - Kabar Harian Bima
Anggota Karang Taruna Bintang Laut Kelurahan Tanjung saat menjaga stand WC Portabel. Foto: Ist

Lurah Tanjung Faisal menyampaikan, karang taruna diberi kepercayaan untuk mengelola penyewaan tersebut merupakan bagian dari program positif dalam memberdayakan pemuda, agar bisa mengembangkan potensi dalam bidang wirausaha.

Berdayakan Karang Taruna, Kelurahan Tanjung Kelola WC Portabel Selama Pasar Lebaran - Kabar Harian Bima

“Program ini untuk memberikan peluang kerja pada pemuda, agar bisa memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk dikelola dan bernilai ekonomi,” ujarnya, Jumat 5 April 2024.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Bintang Laut Putra Ardiansyah menjelaskan, toilet portabel ini merupakan produk sanitasi yang dapat dipakai di semua tempat yang tidak tersedia WC umum atau kamar mandi umum.

“Toilet ini berfungsi untuk memfasilitasi pedagang dan pengunjung yang ingin buang air kecil dan juga mandi,” katanya.

Ia menyebutkan, terdapat 2 unit WC portabel disediakan selama Pasar Lebaran di Amahami. Terkait tarif satu kali jasa WC Portabel bagi pengguna fasilitas harus membayar Rp 2000 untuk buang air kecil, sementara tarif buang air besar Rp 5000.

Setelah beroperasi baru 4 hari, diakuinya tingkat pengunjung cukup banyak, mengingat jumlah masyarakat yang ingin membeli barang kebutuhan jelang Lebaran sangat tinggi.

“Berkat jasa sewa ini, kami meraih keuntungan mencapai Rp 350 ribu setiap hari. Adapun perkiraan total keuntungan mencapai 4 juta lebih, selama 10 hari aktif pasar lebaran,” katanya.

Ardiansyah menjelaskan, guna menambah pemasukan dari jasa tersebut, pihak pemerintah maupun swasta, bisa bekerjasama untuk penyewaan alat tersebut. Terutama pihak yang memiliki acara out door, bisa mengunjungi karang taruna setempat.

“Keuntungan sewa ini nantinya akan disimpan pada kas dan akan dipergunakan untuk operasional dan pemberdayaan lembaga ke depannya,” tambah Ardiansyah.

*Kahaba-04