SMAN 5 Mulai Terapkan Ujian Semester Berbasis Komputer

Kota Bima, Kahaba.- Mulai tahun ajaran baru 2018-2019 SMAN 5 Kota Bima mulai menerapkan sistem ujian semester berbasis komputer. Kebijakan ini diterapkan untuk menjawab tantangan zaman dengan terus berkembangnya tekhnologi.

Ssiwa SMAN 5 Kota Bima sat menggunakan komputer pada ujian semester. Foto: Eric

“Mulai tahun ajaran ini, 303 siswa yang berasal dari kelas 10, 11 dan 12 sudah melaksanakan ujian berbasis komputer, dengan waktu pelaksanaan ujian Sejak Senin hingga Sabtu (17-22/9),” kata Kepala SMAN 5 Kota Bima Erot Sutinah, Senin (17/9).

Erot Sutinah mengungkapkan, melalui ujian berbasis komputer diharapkan bisa memberikan pemahaman dan pembelajaran kepada siswa bahwa ujian berbasis komputer sangat dibutuhkan. Baik itu saat ujian sekolah, tengah semester, ujian akhir kelas bahkan ujian nasional ke depan.

Menurut Mantan Kasi di Dinas Dikbud ini, dengan diterapkannya ujian berbasis komputer pihak sekolah mampu menekan tingkat pemborosan kertas yang selama ini digunakan sebagai alat kelengkapan ujian sekolah. Serta meningkatkan obyektifitas hasil karena peluang siswa untuk saling mencontek sangat tipis lantaran soal teracak oleh sistem.

“Melalui ujian berbasis komputer ini, siswa akan memperoleh hasil berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Selain itu akan membentuk karakter siswa untuk bertindak jujur karena tidak bisa mencontek teman disebelahnya,” jelas Erot.

Bagi siswa yang dinyatakan belum lulus ujian, pihaknya akan memberikan peluang untuk melaksanakan ujian perbaikan sesuai mata pelajaran yang rendah nilainya. Hal ini dilakukan agar mendorong siswa bisa terus belajar kembali dan memperbaiki nilai yang rendah.

“Ujian perbaikan akan terus dilakukan, sampai siswa tersebut memenuhi standar nilai,” ujarnya.

Untuk mendukung pelaksanaan ujian berbasis komputer lanjutnya, SMAN 5 sudah memiliki laboratorium komputer sendiri dengan fasilitas komputer 30 unit beserta ketersediaan jaringan internet untuk mempermudah mengerjakan soal. Begitu juga perangkat lain sudah siap, seperti ketersediaan waktu, sesi siswa yang mengikuti ujian, pengawas ujian hingga waktu yang telah ditentukan oleh panitia.

“Semua perangkat dan kelengkapan telah tersedia, sehingga diharapkan ujian dapat berjalan dengan lancar,” harap Mantan Guru SMKN 2 ini.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *