Minta Dukungan Pemerintah, BSMI Audiensi Dengan Dewan

Kota Bima, Kahaba.- Setelah audiensi dengan Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan beberapa pekan lalu, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kota Bima diterima oleh Komisi I DPRD Kota Bima untuk melakukan hal yang sama, Jumat (2/11) menyampaikan kiprah dan berkontribusi yang selama ini sudah dilakukan untuk Kota Bima.

BSMI Kota Bima saat audiensi dengan dewan. Foto: Bin

Dari BSMI dihadiri oleh Ketua Muhammad Akbar bersama 5 orang anggota. Sementara dari Komisi I, diwakili oleh ketua dan 2 orang anggota. Pertemuan sederhana tersebut dilaksanakan di salah satu ruang rapat kantor setempat.

Ketua BSMI Kota Bima Muhammad Akbar memaparkan bahwa organisasi kemanusiaan itu merupakan organisasi nasional yang sudah menyebar diseluruh daerah di Indonesia. Di Kota Bima, BSMI hadir pada tahun 2012. Dari awal lahirnya, sudah banyak bhakti dan kegiatan yang digelar.

“BSMI bahkan sudah go internasional pak dewan. Diberbagai kesempatan BSMI hadir di lokasi bencana, termasuk berada di daera konflik Palestina untuk memberikan bantuan,” paparnya.

Di Kota Bima kata Akbar, sudah tidak terhitung kegiatan sosial yang sudah digelar BSMI. Termasuk yang tak bisa dilupakan, berada di garis depan memberikan penanganan kesehatan saat bencana banjir bandang tahun 2016 lalu.

Tidak saja di Kota Bima sambungnya, BSMI juga hadir dan melakukan hal yang sama saat terjadi musibah banjir di Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. Demikian juga yang dilakukan saat bencana gempa bumi di Donggala dan Palu. Dirinya sendiri yang hadir dan bergabung dengan relawan lain.

Selain concern terhadap masalah bencana, dokter muda yang mengabdi di RSUD Bima itu menjelaskan, BSMI sering menggelar sosialisasi bahaya Narkoba, Tramadol dan HIV/AIDS untuk kalangan pelajar dan sejumlah instansi pemerintah. Tidak hanya itu, beberapa kali juga menggelar kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis dan sunatan massal di sejumlah daerah pelosok Kota Bima dan Kabupaten Bima.

“Kiprah yang sudah kami lakukan ini menjadi keseriusan BSMI untuk berkontribusi positif untuk rakyat dan daerah,” tuturnya.

Foto bersama jajaran BSMI bersama anggota dewan usai audiensi. Foto: Bin

Di tempat yang sama, anggota senior BSMI Kota Bima H Arifin mengungkapkan, karena banyaknya kiprah yang dilakukan. Tak jarang sejumlah instansi pemerintah mengajak BSMI untuk bisa melakukan kegiatan sosial seperti pemeriksaan dan pengobatan gratis serta sunatan massal. Beberapa diantaranya yang sering bermitra untuk kegiatan sosial yakni Polres Bima dan BNNK Bima.

Untuk itu, dari semua yang disampaikan oleh Ketua BSMI Kota Bima tersebut. Dirinya berharap pemerintah eksekutif dan legislatif bisa memberikan perhatian sekaligus dukungan finansial melalui APBD tahun 2019 nanti, guna lancarnya sejumlah program dan kegiatan BSMI.

“Jujur, selama ini seluruh pelaksanaan kegiatan BSMI hanya mengandalkan dana pribadi dan sejumlah sumbangan dari pihak – pihak terkait,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Bima Taufik HA Karim mengapresiasi bhakti dan kiprah yang sudah dilakukan BSMI. Atas nama pribadi dan pemerintah, dirinya menyampaikan terimakasih karena sudah mengambil peran dan mengisi ruang untuk bisa membantu rakyat dan daerah.

“Ini luar biasa. Kami sangat bangga mendengarnya. Pemaparan yang sudah disampaikan ini, juga kami lihat dari sejumlah bukti pemberitaan tentang kontribusi nyata BSMI melalui media massa,” ucapnya.

Sebagai pemerintah tambah Taufik, sudah tentu tidak akan menutup mata terhadap kiprah positif tersebut. Dirinya akan mendorong pemerintah eksekutif dan pimpinan DPRD Kota Bima agar bisa membantu penganggaran untuk BSMI.

“Pasti kita bantu anggarkan nanti di APBD 2019. Hanya saja, besar kecilnya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Jangankan yang sudah berkiprah seperti BSMI, yang belum memiliki kiprah saja dibantu oleh pemerintah,” tegasnya.

Taufik pun berjanji pada saat pembahasan anggaran tahun 2019 nanti, akan menjelaskan semua dihadapan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), seperti yang sudah dijelaskan oleh BSMI. Karena organisasi kemanusiaan ini memang layak dibantu dan diberikan perhatian.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *