PLN Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas

Kota Bima, Kahaba.- Untuk mengurangi pemadaman bergilir dan memenuhi kebutuhan pasokan listrik, PT PLN Persero UPP Sumbawa telah membangun 3 Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) dengan kekuatan kapasitas daya 50 MW.

PT PLN Persero Bima saat menggelar Konferensi Pers. Foto: Eric

“Rencananya akhir bulan Desember ini, 1 dari 3 mesin PLTMG tersebut dalam tahap pengujian dan siap untuk dioperasikan,” ujar Manager Bagian Proyek PT PLN Persero UPP Sumbawa,  Agus Dwi Aprianto, Selasa (11/12).

Dijelaskan Agus, kehadiran 3 mesin PLTMG tersebut tentu mampu memenuhi kebutuhan pasokan listrik masyarakat dari 3 kabupaten kota. Diakuinya, saat ini kebutuhan listrik masyarakat Bima – Dompu sebanyak 46 MW. Sementara kapasitas daya 3 mesin PLTMG tersebut mencapai kapasitas 50 MW.

“Dengan 3 mesin ini saja beroperasi, kita sudah kelebihan 4 MW daya,” katanya.

Saat ini progres pengerjaan dan pemasangan mesin baru tersebut sudah mulai memasuki tahap finishing atau sudah mencapai 94 persen. Bahkan sekarang sedang dalam tahap pengujian kehandalannya, agar saat mulai beroperasi dapat menjawab kebutuhan listrik.

“Proses uji coba baru dilakukan individual. Nanti akan dilanjutkan perunit dan seluruh system,” tuturnya.

Agus menargetkan, dari 3 unit mesin tersebut, 1 diantaranya sudah mulai bisa dioperasikan akhir tahun ini. Dari 1 unit kapasitas daya mesin ini mencapai 17 MW, pihaknya meyakini tambahan daya tersebut bisa menutupi devisit yang ada.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *