Tidak Pernah Diperhatikan, Kondisi Madrasah Desa Mpili Memperihatinkan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sejak dibangun 2009 yang menggunakan dana PNPM Mandiri, hingga sekarang kondisi sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Desa Mpili Kecamatan Donggo masih sangat memprihatinkan.

Kondisi ruang belajar Madrasah di Dssa Mpili. Foto: Hardi

Saat dikunjungi Selasa (5/2). Kondisi sekolah yang telah memiliki akreditasi C tersebut rusak parah dan sangat kumuh. Sampai sekarang pun, sekolah tersebut belum pernah direnovasi, baik dari PNPM maupun pemerintah daerah.

Kepala Madrasah Desa Mpili Tasrif mengatakan, sekolah yang telah menghasilkan ratusan alumni ini belum pernah diperhatikan. Padahal keberadaannya sangat membantu pendidikan masyarakat sekitar.

“Walaupun kondisi sekolah seperti ini, tetapi telah melahirkan generasi-generasi berprestasi, ada yang polisi, TNI dan sejumlah profesi lain,” ujarnya.

Kata dia, keberadaan sekolah ini selain dari membantu masyarakat miskin, juga bisa mengatasi sejumlah sarjana yang belum memiliki pekerjaan. Para sarjana bisa berbagi ilmu pengetahuannya dengan mengajar di madrasah.

Kondisi lantai Madrasah di Dsa Mpili. Foto: Hardi

Saat ini sambungnya, kondisi fasilitas sekolah sudah banyak yang rusak. Seperti plafon banyak yang bolong, keramik pecah, dan atap yang bocor.

“Kayu atap sudah banyak yang lapuk, sehingga bocor dan mengganggu proses belajar siswa. Apalagi saat musim hujan, KBM sangat terganggu,” ungkapnya.

Untuk itu, ia sangat berharap pemerintah dapat membantu memperbaiki fisik sekolah. Agar dapat menarik minat siswa untuk sekolah di daerah sendiri.

*Kahaba-07

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *