Command Center Kota Bima Akan Dibangun Tahun 2020

Kota Bima, Kahaba.- Untuk mengatasi semua persoalan yang terjadi dengan cepat, Pemerintah Kota Bima berencana akan membangun Command Center. Keinginan itu akan direalisasikan pada tahun 2020 nanti.

Kepala Dinas Kominfo Kota Bima, Supawarman. Foto: Bin

Kepala Dinas Kominfo Kota Bima Supawarman menjelaskan, Commad Center akan menjadi ruang kendali untuk mengatasi semua masalah yang terjadi di Kota Bima. Pelayanan yang bersifat emergency tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan prima dan cepat.

“Saat ini masih dalam tataran rencana. Kita bahkan sudah melakukan studi di beberapa daerah, untuk melihat langsung bagaimana operasionalnya,” ujar Supawarman, Senin (1/4).

Untuk mewujudkan itu, tentu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Karena harus membangun ruangan khusus, alat – alat yang memadai dan operatornya. Baru dilanjutkan dengan dimasukan aplikasi untuk pengelolaan, dan ditambah dengan kesiapan OPD.

“Nanti operatornya juga akan di bimtek. Begitupun yang ada di masing-masing OPD,” katanya.

Diakui Supawarman, Commad Center nanti akan menjadi rumah dari layanan 112 yang sudah diluncurkan Pemerintah Kota Bima tahun 2019. Karena saat ini, untuk layanan 112 juga belum memiliki rumah.

“Command Center akan jadi rumah induk pelayanan 112. Masalah darurat yang terjadi dan dihubungi melalui 112 akan tertangani dengan cepat,” jelasnya.

Kata dia, Command Center juga akan menjadi mata dan telinga kepala daerah. Karena akan dilengkapi dengan layar pantau untuk melihat kondisi daerah. Kemudian merespon semua peristiwa dengan cepat dan terintegrasi dengan semua OPD.

“Makanya melalui nomor layanan pengaduan 112 yang terpusat di Command Center Insya Allah masalah dan aduan darurat dari masyarakat bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” tambahnya.

*Kahaba-01

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *