oleh

Keren, Siswa SMKN 3 Fashion Show Berbahan Daur Ulang Limbah

-Kabar Bima-21 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 dijadikan unjuk bakat dan kebolehan siswa SMKN 3 Kota Bima. Sekolah setempat menggelar kegiatan peragaan busana (Fashion Show) berbahan daur ulang limbah.

Hasil Kreatifitas Siswa SMKN 3 Kota Bima berbahan dasar daur ulang limbah. Foto: Eric

Kegiatan yang dipusatkan di pelataran sekolah setempat, Selasa (29/10) turut diikuti ratusan siswa kelas X sampai XII, jajaran pegawai hingga guru.

Kepala SMKN 3 Jainudin menyampaikan, acara fashion show tersebut pertama kali dilaksanakan sekolah setempat, dengan mengangkat tema kampanye bersih lingkungan dan bebas sampah (zero waste).

“Kampanye bersih lingkungan ini melalui pemanfaatan limbah sampah daur ulang menjadi bahan pakaian dan aksesoris,” ujarnya.

Ia menuturkan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari refleksi sumpah pemuda. Siswa di masa saat ini dan akan datang tentu ditantang tentang ide, kreasi, keterampilan maupun inovasi.

“Peragaan busana ini merupakan salah satu modal tumbuhnya pendidikan karakter anak didik, agar daya berpikirnya bisa terangsang menumbuhkan ide cemerlang,” katanya.

Jainudin menambahkan, tujuan lain dari kegiatan ini yakni upaya menggugah kepedulian pelajar, untuk mengkampanyekan bersih lingkungan di sekitar kegiatan belajar mengajar mereka.

Sementara itu Wakasek Peserta Didik Imam Bukhari mengungkapkan, proses pembuatan busana menelan waktu 2 hari. Dengan dibantu guru pembina jurusan, sehingga hasil kreatifitas siswa bisa maksimal.

Selama proses menjahit dengan bimbingan guru tersebut, siswa dapat menyesuaikan keahlian dengan melihat pola dan kesesuaian bahan yang akan dijadikan busana. Sehingga sampah ini berhasil dirubah menjadi pakaian yang anggun, disertai aksesoris yang indah.

“Dari sampah kertas, kain, botol, plastik, majalah hingga kayu bisa menghasilkan busana casual dan pesta. Tentu ini sangat keren, dan bisa dikatakan luar biasa siswa mengaplikasikan salam dunia fashion show,” bebernya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru