Disnaker Sosialisasi Kartu AK-1, Optimis Tingkatkan Pelamar Kerja

Kabar Kota Bima178 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bima kini gencar mensosialisasikan fungsi dan manfaat kartu Antar Kerja (AK-1), pada sejumlah kampus, seperti Universitas Mbojo-Bima, STT Bima, STKIP Tamsis, Universitas Muhammadiyah Bima dan selanjutnya di tingkat SMA sederajat.

Disnaker Sosialisasi Kartu AK-1, Optimis Tingkatkan Pelamar Kerja - Kabar Harian Bima
Kepala Disnaker Kota Bima H Tafsir bersama Rektor Universitas Mbojo-Bima saat sosialisasi kartu Antar Kerja (AK-1). Foto: Ist

Kepala Disnaker Kota Bima H Tafsir menyampaikan, kegunaan AK-1 yang dulunya disebut kartu kuning ini dibuat dan dikeluarkan dengan tujuan agar pemerintah bisa mendata para pencari kerja. Juga berfungsi sebagai identitas diri dalam mencari kerja, sehingga kartu ini berperan dalam menghitung statistik angkatan kerja.



“Bagi pencari kerja, wajib memiliki dan mengurus kartu AK-1 sebagai syarat untuk pencari kerja,” ujarnya¬† Senin 20 Maret 2023.

Baca:   Sambut Ramadan, Pemkot Bima Gelar Pasar Murah

Bagi masyarakat yang memiliki keinginan mencari kerja, maka untuk mendapatkan kartu ini juga sangatlah mudah dan efektif. Cukup mendatangi kantor setempat, lalu petugas akan membuatkan kartu tersebut.

“Pelayanan pembuatan kartu ini hanya 5 menit, tentunya dengan memenuhi seluruh syarat yang diberikan,” katanya.

Mantan Sekretaris Bappeda itu menambahkan, kartu AK-1 ini berlaku selama 2 tahun. Jika kartu ini sudah tidak berlaku bisa diaktifkan dan diperpanjang lagi dengan mendatangi langsung ke kantor setempat.

Baca:   Kota Bima Dapat Tambahan DAK Rp 28 Miliar

*Kahaba-04


Komentar