Kabar Kota Bima

Dinas Kominfotik Kota Bima Launching dan Bimtek Aplikasi LADEWA

563
×

Dinas Kominfotik Kota Bima Launching dan Bimtek Aplikasi LADEWA

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) menggelar Launching dan Bimtek membangun Kota Bima yang Transparan Optimal dan Partisipatif (TOP) melalui E-Goverment menuju good governance dalam smart city melalui aplikasi Lapor Dae Wali (LADEWA).

Dinas Kominfotik Kota Bima Launching dan Bimtek Aplikasi LADEWA - Kabar Harian Bima
Kegiatan Launching dan Bimtek Membangun Kota Bima yang Transparan Optimal dan Partisipatif (TOP) melalui E-Goverment menuju good governance dalam smart city. Foto: Eric

Kegiatan yang dipusatkan di aula Gedung Seni Budaya (GSB), Jumat 17 Mei 2024 itu dihadiri PJ Wali Kota Bima H Muhammad Rum, Kepala Diskominfotik H Mahfud, Staf Ahli H Sukarno, serta perwakilan kepala OPD, Camat, Lurah, ketua karang taruna, rumah aspirasi, LPM hingga perangkat Rukun Tetangga (RT).

Dinas Kominfotik Kota Bima Launching dan Bimtek Aplikasi LADEWA - Kabar Harian Bima

Kepala Diskominfotik Kota Bima H Mahfud dalam laporan menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat menyampaikan laporan pada kepala daerah. Selanjutnya pimpinan daerah bisa menginstruksikan instansi terkait untuk bekerja, sesuai dengan informasi yang disampaikan masyarakat.

“Masyarakat serta seluruh perangkat pemerintah bisa memberikan laporan cepat dan efektif, terutama tentang kondisi sosial kemasyarakatan, keamanan, ketertiban serta informasi penting lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, PJ Wali Kota Bima H Muhammad Rum mengungkapkan, aplikasi LADEWA merupakan platform open access sebagai media komunikasi antara masyarakat dengan Wali Kota Bima secara langsung, terintegrasi yang bersifat fast respon, real time dan transparan, untuk memangkas birokrasi mewujudkan pelayanan publik di kota Bima yang optimal.

Kelebihan LADEWA ini pelapor cukup melapor saja tanpa harus berpikir kantor mana yang tepat, karena tersedia menu voice atau menulis. Kemudian untuk update status laporan bisa dilihat langsung oleh masyarakat, lalu transparan dimana semua proses kerja LADEWA dan data bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat dan terlahir dapat terpercaya.

Rum menambahkan, dengan adanya kemudahan di era digital tersebut, maka bisa tidak ada sekat antara kepala daerah dengan masyarakat, karena bisa menyampaikan langsung informasi serta kebutuhan apa yang diinginkan masyarakat, agar bisa diakomodir dalam program pelayanan kerja pemerintah.

“Setelah launching ini akan dirangkaikan dengan bimtek, tentu harapannya seluruh peserta yang hadir bisa mengerti dan memahami cara kerjanya, sehingga bisa diimplementasikan kembali pada masyarakat,” tandasnya.

*Kahaba-04