Kabar Kota Bima

Dinas PUPR Terima Mahasiswa Magang dari Kampus Merdeka

796
×

Dinas PUPR Terima Mahasiswa Magang dari Kampus Merdeka

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bima menerima 11 mahasiswa magang dari Kampus Merdeka. Kedatangan mahasiswa tersebut dalam rangka pelaksanaan program magang bersertifikat Internship in Spatial Planning for Regional and National Growth (INSPIRING).

Dinas PUPR Terima Mahasiswa Magang dari Kampus Merdeka - Kabar Harian Bima
Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Yuli bersama Nike Herawati bersama mahasiswa Kampus Merdeka. Foto: Ist

Kepala Dinas PUPR melalui Kabid Penataan Ruang dan Jasa Konstruksi Yuliarti Nurul Kusumawardani menyampaikan, kehadiran puluhan mahasiswa angkatan ke-5 tersebut sebagai Mitra MSIB Direktorat Jenderal Tata Ruang, memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk terlibat langsung dalam penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Wilayah (RDTRW).

Dinas PUPR Terima Mahasiswa Magang dari Kampus Merdeka - Kabar Harian Bima

“Program INSPIRING ini bertujuan mendukung percepatan penyelesaian Rencana Detail Tata Ruang Daerah, dan Rencana Tata Ruang Nasional melalui terobosan sumber daya manusia dalam mendukung sistem pembelajaran aplikatif dari ilmu yang didapat di perkuliahan,” jelasnya, Jumat 13 Oktober 2023.

Diakui Yuli, sasaran dari program ini yaitu mahasiswa peserta magang mendapatkan ilmu dan pengalaman tentang program kerja pemerintah. Kemudian mengimplementasikannya melalui kerja sama dan kemitraan, untuk penyusunan rencana tata ruang dan peningkatan kompetensi serta soft skill melalui eksposur pengalaman realitas dunia kerja.

“Selama magang di Kota Bima, kami turut mendampingi sekaligus membimbing bagaimana tata cara dan prosedur pekerjaan,” katanya.

Yuli menambahkan, untuk jangka waktu magang selama 5 bulan para mahasiswa akan menerima sejumlah materi program kerja, di antaranya tata cara persiapan penyusunan RDTR, kemudian pengumpulan data dan informasi dalam penyusunan RDTR Kabupaten-kota, analisis penyusunan RDTR, analisis penyusunan peta RDTR, penyusunan konsep RDTR serta materi lainnya.

Adapun 11 orang dari kampus Merdeka ini terdiri dari mahasiswa yang berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universiitas Negeri Makassar, Universitas Tanjungpura, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Banten Jaya, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Muhammadiyah.

*Kahaba-04