Pemilu

Estafet Kirab Pemilu Tiba di Kota Bima, KPU Terima Bendera Pataka dari Manggarai Barat

1127
×

Estafet Kirab Pemilu Tiba di Kota Bima, KPU Terima Bendera Pataka dari Manggarai Barat

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melaksanakan kegiatan Kirab Pemilu Tahun 2024, di halaman kantor setempat, Sabtu Mei 2023. Kegiatan dengan tema “Pemilu Sebagai Sarana Integritas Bangsa” merupakan rangkaian peluncuran Kirab Pemilu yang dimulai tanggal 14 Februari 2023.

Estafet Kirab Pemilu Tiba di Kota Bima, KPU Terima Bendera Pataka dari Manggarai Barat - Kabar Harian Bima
Penyerahan bendera pataka Kirab Pemilu dari KPU Manggarai Barat ke KPU Kota Bima. Foto: Bin

Hadir saat kegiatan ini, jajaran KPU Provinsi NTB, jajaran penyelenggara Pemilu Kabupaten se-NTB, perwakilan partai politik, pemerintah daerah, TNI dan Polri.

Ketua KPU Provinsi NTB Suhardi Soud
saat sambutan mengatakan, dirinya sangat gembira sekali, karena KPU NTT telah tiba di NTB dan hadir menyambungkan Kirab Pemilu di Kota Bima.

Katanya, semangat Kirab Pemilu ini adalah sarana integrasi bangsa. Adat dan budaya serta sejumlah perbedaan harus terus direkatkan untuk menyatukan Indonesia.

“Ini perjalanan panjang untuk meneguhkan persatuan Indonesia,” katanya.

Diakui Suhardi, perjalanan Kirab di NTB akan berlangsung selama 56 hari. Setelah disambungkan dari Kabupaten Manggarai Barat NTT, maka akan mengelilingi semua daerah di NTB dan akan menyambungkan ke Bali.

“Terima kasih untuk sajian semua acara ini, Semoga kita seluruhnya menjadi penjaga kesatuan NKRI,” ujarnya.

Estafet Kirab Pemilu Tiba di Kota Bima, KPU Terima Bendera Pataka dari Manggarai Barat - Kabar Harian Bima
Bendera pataka Kirab Pemilu dibawa untuk diserahkan ke KPU Kota Bima. Foto: Bin

Di tempat yang sama, Ketua KPU NTT Thomas Dehu mengatakan, seremoni Kirab Pemilu telah dilaksanakan di 16 Kabupaten di NTT. Prosesnya mengelilingi semua wilayah yang tersebar di 4 pulau.

“Kirab ini telah melibatkan banyak pihak, baik penyelenggara maupun pihak-pihak lain. Kami menjangkau lokasi lokasi pelosok, untuk menyebarkanluaskan informasi tentang Pemilu 2024. Pemilu yang menyatukan semua,” tegasnya.

Thomas menambahkan, proses kirab ini akan diteruskan oleh teman-teman KPU di NTB, menemui lebih banyak lokasi dan pemilih, untuk suksesnya Pemilu 2024.

“Kami mengucapkan terima kasih yang melimpah, atas sambutan yang luar biasa ini. Diharapkan dari rangkaian kegiatan ini, meningkatnya pemahaman dan kesadaran kepemiluan seluruh rakyat Indonesia,” harap Thomas.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi, diikuti seluruh tamu undangan yang hadir. Kemudian penyerahan bendahara pataka kirab dan penandatanganan pakta integritas.

*Kahaba-01