Kabar Kota Bima

Ikut Lomba TTG Tingkat Kota Bima, SMAN 2 Sabet Peringkat IV

1573
×

Ikut Lomba TTG Tingkat Kota Bima, SMAN 2 Sabet Peringkat IV

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) yang digelar Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) sudah selesai. Penyelenggara juga telah mengumumkan pemenang dari 92 peserta. Baik untuk kategori instansi, pendidikan hingga masyarakat umum.

Ikut Lomba TTG Tingkat Kota Bima, SMAN 2 Sabet Peringkat IV - Kabar Harian Bima
Foto bersama Siswa SMAN 2 Kota Bima usai menerima penghargaan lomba TTG. Foto: Ist

Pada kategori tingkat pendidikan, pelajar SMAN 2 Kota Bima menyabet peringkat ke-IV setelah 6 siswanya, Nanda Salsabila, Alfurkan dan Salman alfarisi membuat karya bernama Alat Owa yang berfungsi menyiram tanaman secara otomatis menggunakan tenaga surya.

Ikut Lomba TTG Tingkat Kota Bima, SMAN 2 Sabet Peringkat IV - Kabar Harian Bima

Guru pembina TTG SMAN 2 Kota Bima Amirullah menyampaikan rasa bangga terhadap siswa setempat, karena berhasil merakit dan membuat alat tersebut dengan baik dan akurat. Hasil karyanya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terutama petani untuk membantu menyiram tanaman agar lebih efektif.

“Hasil karya dan kreatifitas siswa kami ini menjadi sebuah prestasi yang luar biasa. Untuk itu pada tahun mendatang, kami akan terus berinovasi mengembangkan alat-alat baru lagi,” katanya, Jumat 23 Februari 2024.

Amirullah mengungkapkan, saat ini penyiraman tanaman masih dilakukan secara manual, terkadang juga tidak memiliki cukup waktu untuk menyiram tanaman.

Maka dari itu dibutuhkan alat yang dapat membantu meringankan kegiatan menyiram tanaman. Alat tersebut berupa sistem yang dapat bekerja secara otomatis.

“Dengan menggunakan alat ini, maka diharapkan penyiraman tanaman dapat dilakukan pada waktu dan saat yang tepat. Sistem ini menggunakan sensor suhu untuk mendeteksi kondisi temperatur dan kelembapan tanah pada daerah yang akan disiram,” katanya.

Adapun kelebihan lain dari alat ini kata Amirullah, pengguna dapat memantau dari jarak jauh atau berbasis web. Alat dibuat dengan komponen elektronik sederhana relatif mudah didapat, menggunakan tenaga surya dan berdaya rendah.

*Kahaba-04