Kabar Kota Bima

Kementrian Koperasi dan UKM Puji INBIS STIE Bima

570
×

Kementrian Koperasi dan UKM Puji INBIS STIE Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia bertandang ke STIE Bima, Senin (29/8) kemarin. Pada kesempatan kunjungan tersebut, Inkubator Bisnis (INBIS) STIE Bima mendapat pujian.

Kementrian Koperasi dan UKM Puji INBIS STIE Bima - Kabar Harian Bima
Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesi didampingi Ketua STIE Bima saat bertandang ke INBIS STIE Bima. Foto: Ist

Kementerian Koperasi dan UMKM RI melalui Juherman mengaku kagum dengan perkembangan INBIS STIE Bima. Sebab menjadi satu-satunya INBIS yang ada di Kota dan Kabupaten Bima.

“Biasanya saat kami mengunjungi beberapa daerah, jangankan untuk memiliki inkubator, mengetahui apa inkubator saja masih kurang. Namun hari ini saya sangat bahagia karena STIE Bima sudah punya inkubator,” katanya.

Kehadiran dia di Kota Bima dan Kabupaten Bima kali ini dalam rangka mensosialisasikan inkubator. Rupanya oleh pihak pemerintah daerah terkait mengajaknya untuk melihat INBIS STIE Bima.

“Pak Ketua (Firdaus, Red) mohon bantuannya untuk ikut mendampingi pembentukan inkubator Kabupaten dan Kota Bima nanti,” harapnya.

Kementrian Koperasi dan UKM Puji INBIS STIE Bima - Kabar Harian Bima
Foto bersama jajaran Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesi dengan jajaran STIE Bima di depan INBIS. Foto: Ist

Namun demikian, Juherman juga mengingatkan kepada STIE Bima untuk segera mendaftarkan INBIS STIE Bima pada Kementerian Koperasi dan UMKM. Dengan harapan, selain INBIS STIE Bima terdata juga dapat dilakukan akreditasi dan pembinaan lebih lanjut.

“Selain sudah menjadi aturan, kami di kementerian dapat juga mengundang INBIS STIE Bima untuk ikut pelatihan dan pembinaan dalam meningkatkan kualitas inkubator,” pesan.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua STIE Bima Firdaus mengatakan bahwa INBIS STIE Bima sudah berjalan sekitar tiga tahun lebih. Hingga kini, sudah membina sekitar 160 lebih kelompok usaha.

“INBIS STIE Bima kini fokus membina tiga kategori yaitu usaha mahasiswa, alumni dan Mitra STIE Bima,” sebutnya.

Firdaus mengaku dalam menjalankan INBIS, memiliki jurus jitu yaitu berbasis komunitas. Dengan demikian, sistim pembinaan yang dilakukan lebih efektif dan efisien.

“Dalam pembinaan INBIS ini, ada beberapa tahapan. Seperti harapan pra-inkubasi, tahap awal, tahap inkubasi, hingga tahap pasca inkubasi,” paparnya.

Mantan Ketua HIPMI Kota Bima ini juga tidak lupa mengajak Juherman untuk melihat langsung ruang INBIS STIE Bima. Sebagai bentuk nyata proses Inkubasi yang dilakukan oleh STIE Bima.

Hal itu membuat Juherman semakin mengapresisi langkah STIE Bima. Apalagi setelah mendengar paparan konsen yang terintegrasi dari Ketua STIE Bima.

*Kahaba-01