Pemilu

KPU Kota Bima Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pemilihan Serentak

812
×

KPU Kota Bima Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pemilihan Serentak

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima menggelar sosialisasi tahapan dan jadwal pemilihan serentak nasional, yang dilaksanakan di Mutmainnah, Kamis 2 Mei 2024.

KPU Kota Bima Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pemilihan Serentak - Kabar Harian Bima
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima saat menggelar sosialisasi tahapan dah jadwal pemilihan serentak Tahun 2024. Foto: Eric

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Ketua KPU Kota Bima Suaeb bersama 4 komisioner lainnya, Kepala Bakesbangpol Kota Bima Muhammad Hasyim, serta perwakilan partai politik (Parpol).

KPU Kota Bima Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pemilihan Serentak - Kabar Harian Bima

Ketua KPU Kota Bima Suaeb menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan memberikan informasi pada masyarakat, parpol dan juga calon peserta Pemilu mengenai tahapan Pilkada serentak tahun 2024, sekaligus ikut mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam memeriahkan pesta demokrasi 5 tahun.

“Sosialisasi ini merupakan bagian dari amanat dan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024, tentang tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” ujarnya.

Suaeb menjelaskan, melalui kegiatan ini pula KPU Kota Bima juga akan menyampaikan secara detail mengenai tahapan dan jadwal pemilu sejak Bulan Maret hingga pada pemilihan serentak pada bulan November mendatang. Seperti aturan-aturan yang akan dilalui dan regulasi yang ditetapkan PKPU, yang diantaranya membahas pemilihan kepala daerah.

“Kami juga menyampaikan bahwa terdapat dua agenda tahapan dan jadwal pada saat ini, seperti penetapan hasil pemilu DPRD Kota Bima dan pada tanggal 5 Mei tentang penerimaan syarat dukungan calon perseorangan atau independent,” katanya.

Suaeb berharap agar sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman pada sejumlah stakeholder terutama pada masyarakat, tentang tahapan dan proses Pilkada 2024 di Kota Bima.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi aktif dari seluruh elemen dan juga masyarakat yang telah memiliki hak pilih, untuk memberikan suara dan bersama mensukseskan pesta demokrasi yang lancar dan sukses,” pungkasnya.

*Kahaba-04