Kabar Kota Bima

Optimalisasi Pelayanan Penerangan Jalan, Farid: Sudah Selayaknya Dibentuk UPTD PJU Dishub

1550
×

Optimalisasi Pelayanan Penerangan Jalan, Farid: Sudah Selayaknya Dibentuk UPTD PJU Dishub

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kepala Dinas Perhubungan Kota Bima, HM Farid, mengungkapkan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Bima, yakni dengan membentuk Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) PJU Dishub Kota Bima

Optimalisasi Pelayanan Penerangan Jalan, Farid: Sudah Selayaknya Dibentuk UPTD PJU Dishub - Kabar Harian Bima
Kepala Dinas Perhubungan Kota Bima HM Farid. Foto: Bin

“Sudah selayaknya dibentuk UPTD PJU Dishub Kota Bima,” ungkapnya, Kamis 1 Februari 2024.

Pembentukan ini menurutnya, mengingat struktur organisasi yang kompleks dan  dengan beban kerja yang signifikan, maka Dishub merencanakan pembentukan UPTD PJU.

Terhadap keinginan ini, Rancangan Perwali telah diajukan kepada Wali Kota Bima melalui Bagian Organisasi dan Bagian Hukum, sebagai menunjukkan komitmen untuk memperkuat lembaga ini.

“Begitu urgensinya pembentukan UPTD PJU, dengan kompleksitas kegiatan PJU, baik siang maupun malam,” paparnya.

Saat ini, Dishub sedang melakukan kajian akademis untuk mendukung pembentukan ini, sementara sarana dan prasarana kantor UPTD PJU sudah dipersiapkan.

Maka sambung Farid, begitu pentingnya dukungan dari Bagian Organisasi dan Bagian Hukum, baik di tingkat provinsi maupun pusat, sebagai upaya tindak lanjut pembentukan kelembagaan ini.

Keberadaan UPTD PJU ini pula katanya, diharapkan tidak hanya memperkuat pengawasan terhadap aliran listrik di beberapa titik, namun juga memberikan peran besar dalam mengatasi penyalahgunaan dan meningkatkan pengawasan terhadap penggunaan listrik yang menjadi beban pemerintah daerah.

Sementara itu, petugas PJU juga terus aktif merespons laporan masyarakat, berkoordinasi dengan OPD terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup, untuk menangani masalah seperti jaringan putus, lampu mati, tiang patah, atau dampak bencana alam.

“Semua ini menjadi dasar yang kuat bagi Dishub Kota Bima untuk membentuk UPTD PJU, memastikan pelayanan yang optimal di seluruh wilayah Kota Bima,” jelasnya.

Harapan pun ditujukan kepada pihak terkait, khususnya terkait operasional tenaga teknis PJU, agar pembentukan UPTD ini dapat berjalan efektif dan memberikan dampak positif yang signifikan.

*Kahaba-01