Kabar Kota Bima

Perayaan Upacara HAB ke-78 Berlangsung Hikmad, Angkat Tema Indonesia Hebat Bersama Umat

2366
×

Perayaan Upacara HAB ke-78 Berlangsung Hikmad, Angkat Tema Indonesia Hebat Bersama Umat

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Jajaran Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) melalui Kemenag Kota dan Kabupaten Bima menggelar upacara perayaan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 yang dipusatkan di Lapangan Serasuba, Rabu 3 Januari 2024.

Perayaan Upacara HAB ke-78 Berlangsung Hikmad, Angkat Tema Indonesia Hebat Bersama Umat - Kabar Harian Bima
Foto bersama PJ Wali Kota Bima dengan pejabat Kementerian Agama Kota dan Kabupaten Bima. Foto: Ist

Upacara yang dipimpin PJ Wali Kota Bima H Mohammad Rum itu turut dihadiri pejabat lingkup Kemenag seperti H Syahrir, Mujiburahman, H Najamudin, H Mansyur, TNI, Polri serta ratusan kepala sekolah, guru dan pelajar. Adapun perayaan agenda tahuna tersebut, mengambil tema tema “Indonesia Hebat Bersama Umat”.

Perayaan Upacara HAB ke-78 Berlangsung Hikmad, Angkat Tema Indonesia Hebat Bersama Umat - Kabar Harian Bima

PJ Wali Kota Bima H Mohammad Rum menyampaikan sambutan Menteri Agama RI mengajak semua pihak untuk meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan dalam mewujudkan cita-cita Kementerian Agama. Dirinya juga menggarisbawahi pentingnya menjaga harmoni kehidupan beragama, sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

Disampaikannya juga prestasi dalam berbagai program, seperti penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, cyber islamic university dan peningkatan religiousity index. Ditekankan juga perlunya terus melakukan evaluasi diri dan perbaikan, agar layanan kepada seluruh umat beragama semakin baik.

“Momen HAB ini, Menag mendorong seluruh ASN Kemenag untuk meningkatkan semangat layanan kepada masyarakat, dengan senang hati dan penuh pengabdian,” ujarnya.

Selain itu kata HM Rum, Menag juga mengingatkan tentang pentingnya menjaga netralitas dalam menghadapi Pemilihan Umum tahun 2024. Dia meminta agar ASN Kemenag dapat membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat, dan menghindari politik identitas, terutama identitas keagamaan.

Sebagai bentuk apresiasi, Menag mengumumkan pemberian penghargaan satyalancana karya satya kepada 10.198 pegawai, di antaranya juga ada ASN jajaran Kemenag Kota Bima. Penghargaan tersebut diberikan oleh Presiden, sebagai apresiasi atas pengabdian mereka kepada negara.

HM Rum menambahkan, untuk penghargaan satya lencana ini merupakan wujud apresiasi dan penghormatan Presiden RI melalui Kementerian Agama RI, atas dedikasi dan pengabdian ASN Kementerian Agama Kota Bima.

“Semoga melalui penganugerahan penghargaan ini semakin memacu kinerja pengabdian seluruh ASN lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama, dalam memberikan pelayanan prima bagi seluruh masyarakat.” harapnya.

*Kahaba-04