Pendidikan

SMKN 1 Kota Bima Paparkan Capaian Pendidikan Selama 5 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi

740
×

SMKN 1 Kota Bima Paparkan Capaian Pendidikan Selama 5 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Masa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB H Zulkieflimansyah- Hj Siti Rohmi Djalillah telah selesai, sejumlah program kerja telah dijalankan dengan baik. Di antaranya Program 11 Strategi SMK NTB Gemilang Karya Bidang Pendidikan.

SMKN 1 Kota Bima Paparkan Capaian Pendidikan Selama 5 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi - Kabar Harian Bima
Kepala SMKN 1 Kota Bima Juwaid. Foto: Ist

Hal ini dapat dirasakan oleh lembaga pendidikan di NTB, salah satunya adalah SMKN 1 Kota Bima yang juga saat ini telah resmi menyandang status sekolah BLUD.

SMKN 1 Kota Bima Paparkan Capaian Pendidikan Selama 5 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi - Kabar Harian Bima

Kepala SMKN 1 Kota Bima Juwaid menyampaikan, berkat arahan dari dua pemimpin gemilang tersebut, sekolah setempat berhasil mengembangkan dan meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan.

“5 tahun kepemimpinan beliau berdua, kami berhasil mencatatkan banyak prestasi hingga ke tingkat nasional,” ungkapnya, Sabtu 16 September 2023.

Ia menjelaskan beberapa capaian yang didapatkan seperti pada tahun 2022, mengirim 6 orang guru untuk magang di PT Maspion IT Surabaya dan sekaligus melakukan uji kompetensi guru berstandar industri.

Kemudian meraih juara satu LKS Tingkat Provinsi tahun 2023 jurusan teknik komputer dan jaringan bidang Cabaling Networking, sehingga mewakili ke tingkat Nasional pada bulan Oktober nanti.

Selain prestasi itu, sekolah setempat melaksanakan kegiatan Sabtu Budaya secara rutin, dengan menggelar agenda pentas seni, permainan tradisonal Bima hingga gerakan sarapan pagi bersama dilaksanakan setiap minggu.

“Tidak hanya itu, kegiatan wisata belajar bersama siswa dilaksanakan dengan mengunjungi perpustakaan daerah, untuk meningkatkan literasi siswa agar lebih meningkat,” sebutnya.

Program lain sambung Juwaid, menggalangkan 1 siswa satu usaha, lewat dibentuknya Gerai Sekolah yang telah beroperasi setiap hari. Membentuk “TeFa” di SMKN 1 Kota bima terdapat TeFa Bank Mini syariah untuk konsentrasi keahlian perbankan syariah dan akuntansi, TeFa Pos Mini Konsentrasi keahlian Manajemen perkantoran dan Manajemen Logistik, TeFa Toko Mentari Konsentrasi keahlian Bisnis Ritel, TeFa Binary.id.

Kemudian ada konsentrasi keahlian teknik komputer dan jaringan sebagai wadah untuk praktek siswa, sehingga mampu meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Pada bidang lainnya seperti pengembangan Kelas Industri kata Juwaid, terus ditingkatkannya dengan penguatan kemitraan dengan Alfamart untuk kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran.

Kerjasama ini didorong tidak hanya pada kelas Alfamart, tetapi dengan pengembangan lain pasca kelas Alfamart atau siswa lulus. Pihak Alfamart diminta melaksanakan Bursa Kerja Khusus (BKK) di sekolah, untuk menampung alumni kompetensi bisnis daring dan pemasaran di industri Alfamart.

“Selai itu juga pencapaian program kerja kami yaitu, membantu pemerintah dalam rangka menurunkan angka stunting yang di gaungkan oleh Zul-Rohmi, ibu darma wanita SMKN 1 Kota Lewat ibu ketua DWP ibu Erma Yani Juwaid, DWP SMKN 1 Kota Bima melaksanakan gerakan stanting dengan membagikan 1655 butir telur kepada ibu hamil di kelurahan tanjung, dan kelurahan sarae melalui kegiatan posyandu,” imbuhnya.

Juwaid membeberkan, pada Pengembangan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 pihaknya berhasil mendiklatkan 4 orang Assesor sehingga kini telah berjumlah menjadi 13 orang Asesesor. Selain itu program peningkatan kompetensi guru juga menjadi fokus dengan memagangkan guru di PT Maspion IT Surabaya, Diklat Asesor kompetensi bagi guru untuk mendukung keberadaan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP P1).

“Bagi pengembangan minat dan bakat serta pencitraan sekolah, saat ini kami sudah memiliki “MBOJO SINIAR” sebagai wahana pengembangan minat dan bakat siswa, baik dalam bidang jurnalistik dan juga sebagai media pencitraan sekolah,” pungkasnya.

Juwaid menambahkan, ada aspek kurikulum SMKN 1 Kota Bima tahun 2023 sudah ditetapkan oleh Kemendikbudristek sebagai sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka berbagi dari sebelumnya merdeka mengajar.

Hal ini berkat optimalnya penggunaan platform merdeka mengajar dengan diklat internal bagi guru, sehingga hampir semua tenaga pendidik sudah mengakses PMM yang harapannya guru semakin memahami bahan ajar dan dapat mengimplementasikannya di kelas.

“Keberadaan komunitas belajar guru yang saat ini sudah ada 4 yang terdaftar di PMM, yaitu komunitas Cermin Learning Community, Komunitas TKJ, Komunitas Bahasa Indonesia dan Komunitas Pustakawan. Keberhasilan program pendidikan ini sejalan dan selaras dengan visi dan misi NTB gemilang di bidang pendidikan, semua program telah dijalankan selama kepemimpinan bapak Gubernur dan Wakil Gubernur NTB,” tandasnya.

*Kahaba-04