Status Guru Honor Dirubah Jadi Tenaga Kontrak

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 545 orang tenaga guru honorer di lingkup Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahrga (Dikpora) Kota Bima, kini status nya berubah menjadi tenaga kontrak. Perubahan status tersebut menyusul adanya Momerandum of Understanding (MoU) antara guru honorer dengan pihak Dinas Dikpora. Mereka terdiri dari, 418 guru honorer dan 126 tenaga Tata Usaha (TU) dengan status yang sama.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kepala Dikpora Drs. Suryadi mengatakan, MoU tersebut hanya berlaku bagi guru honorer dan tenaga TU khusus lingkup Dikpora Kota Bima. Mereka itu adalah tenaga honor yang memiliki SK Walikota Bima sejak tahun 2011.

“MoU ini sebagai landasan kami untuk membayar tunjangan guru,” ujarnya.

Dijelaskan nya, semua guru honorer tersebut akan dialihkan menjadi tenaga kontrak. Namun, tiap tahun SK mereka akan diperbaharui.

”Kalau masih dibutuhkan, kita perpanjang lagi SK Kontrak mereka,” terangnya.

Ia menegaskan, tidak ada lagi pengangkatan tenaga honorer baru. Karena  ada larangan pengangkatan tenaga honorer. Untuk sementara, Dinas Dikpora Kota Bima hanya menindaklanjuti instruksi Badan Pengawasan Keuangan (BPK), kendati MoU guru dengan Dinas setempat baru pertama dilakukan di tahun 2013.

“Mereka ini akan dibiayai dari dana APBD II, berupa tunjangan transportasi saja,” jelasnya.

Ia menambahkan, tenaga pendidik yang melakukan MoU tersebut merupakan jumlah rill tenaga honorer yang ada di lingkup Dinas Dikpora Kota Bima. Kendati yang diketahui jumlah guru sukarela menjamur di Kota Bima.

”Tenaga sukarela memang banyak, tapi yang kita ambil hanya mereka yang memiliki SK Walikota tahun 2011,” tambahnya.

*SYARIF

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *