Walikota Bima Lepas Peserta Srikandi Inspirasi Bagi Negeri 2015

Kota Bima, Kahaba.-  Walikota Bima melepas peserta Srikandi Inspirasi Bagi Negeri 2015 di halaman Kantor Walikota Bima, Jum’at (05/06). Kegiatan Srikandi Inspirasi Bagi Negeri Jilid 5 ini digelar mulai tanggal 5-11 Juni 2015.

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin. Foto: Bin

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin. Foto: Bin

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Wakil Walikota Bima, Sekretaris Daerah Kota Bima, Pimpinan BNI Cabang Bima dan Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kota Bima. Acara ini pula dihadiri oleh staf ahli Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bapak Rudy Purboyo.

Rudy Purboyo dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dukungan Pemerintah Kota Bima dalam kegiatan Srikandi Bagi Negeri Tahun 2015.

Kata dia, kegiatan tersebut bertepatan dengan Hari Lingkungan Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, dengan tujuan mengkampanyekan kesadaran global, menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup serta melaksanakan kegiatan-kegiatan yang memberikan manfaat besar bagi alam.

Tujuan lain dari kegiatan tersebut mendorong dan memotivasi kepedulian dan kegigihan para Srikandi Bike to Work untuk menjadi teladan dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Peran perempuan dalam meningkatkan pengetahuan dan menyadarkan masyarakat atas pentingnya pelestarian sumber daya alam perlu diteruskan secara konsisten.

“Kepekaan perempuan terhadap hal-hal terkait pelestarian lingkungan sangat dibutuhkan, semoga upaya ini dapat terus menerus diakukan,” katanya melalui Siaran pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali, S.Sos.

Penyelenggaraan yang memasuki tahun kelima itu dinilainya istimewa, karena Tim 21 Srikandi Indonesia akan menyusuri dua Provinsi yang terkenal sebagai top tourism destinations, yaitu Nusa Tenggara Barat (Lombok) dan Bali.

Di Nusa Tenggara Barat jalur kayuh yang akan ditempuh adalah Bima – Dompu Sumbawa besar – Labuan Pandan (Lombok Barat) Mataram Sekotong Lembar. Setelah menjelajah Pulau Lombok, Tim 21 Srikandi akan melanjutkan perjalanannya ke Sister Island, Bali dengan rute mulai dari Padangbai menuju ke garis finish di Denpasar.

Kegiatan kampanye itu berupa touring bersepeda yang dilakukan oleh 21 perempuan (Srikandi) Indonesia, yang berasal dari berbagai daerah dan kalangan yang telah lolos seleksi. Para Srikandi Indonesia ini akan menempuh ratusan kilometer dari atas sepeda selama tujuh hari, dengan membawa misi yaitu memanfaatkan gerakan bersepeda sebagai kendaraan ramah lingkungan kepada perempuan di seluruh Nusantara.

Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kegiatan yang akan dilakukan Srikandi bersepeda Indonesia adalah membagikan bibit pohon untuk ditanam di wilayah – wilayah yang mereka lewati serta memberikan pembelajaran kepada masyarakat setempat agar lebih peka terhadap permasalahan lingkungan sekitar, di wilayah Sekotong Tengah, Lombok Barat yang terkena dampak pencemaran merkuri di lingkungan masyarakat akibat penambangan emas skala kecil di wilayah tersebut.

Acara tersebut pula diawali dengan penyerahan plakat dari Srikandi Inspirasi Bagi Negeri 2015 perwakilan Bima Ibu Mimi kepada Walikota Bima HM Qurais H Abidin. Demikian pula pemerintah Kota Bima memberikan plakat kepada salah satu Srikandi serta pemberian plakat dan cindera mata kepada staf ahli Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *