Bekali Skill, Pelatihan Berbasis Kompetensi Digelar

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Kabupaten Bima kembali membekali ketrampilan para pencari kerja agar siap memasuki lapangan pekerjaan. Upaya dilakukan dengan menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi.

H. Muzakir secara simbolis mengalongkan ID Card peserta tanda dimulainya pelatihan. Foto: Hum

H. Muzakir secara simbolis mengalongkan ID Card peserta tanda dimulainya pelatihan. Foto: Hum

Pelatihan ini Loka Latihan Kerja (LKK) Bima, Selasa (19/4) dengan anggaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik Kementerian Ketenagakerjaan TA. 2016 untuk  angkatan III.

Dibuka secara resmi oleh Bupati Bima yang diwakili oleh Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima H. Muzakir. Turut dihadiri oleh Jajaran Kepala Bidang Disnakertrans Kabupaten Bima, para tutor serta seluruh peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan ini.

Dalam arahan H.Muzakir mengatakan, pelatihan ini dalam rangka mempersiapkan para pencari kerja untuk dilatih dan membekali ilmu dalam rangka membuka lowongan kerja sekaligus menekan angka pengangguran.

Pelatihan ini pula kata dia, merupakan salah satu cara dan upaya  pemerintah daerah melalui Disnakertrans memberikan program pelatihan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkompeten di berbagai bidang keterampilan.

“Dengan fokus utamanya yaitu peningkatan akan kompetansi ilmu dan pengetahuan, peningkatan akan kompetensi keterampilan dan keahlian serta peningkatan disiplin, sikap dan etos kerja,” jelasnya.

Dasar pelaksanaan pelatihan ini urainya, didasarkan pada kerangka kerja Nasional Indonesia serta standar kerja kompetensi nasional Indonesia.

Lanjutnya, selain diberikan pelatihan para pencari kerja juga akan dibekali tentang materi pelatihan sehingga dari materi ini para pencari kerja juga dapat membuka media online dan surat kabar dalam rangka mencari informasi tentang lowongan kerja.

Kepala UPT. LLK Bima Abdul Haris, dalam laporannya mengatakan, peserta pelatihan pada angkatan IIII (tiga) ini berjumlah 64 orang. Berasal dari Kabupaten dan Kota Bima. Waktu pelaksanaan mulai tanggal 19 April hingga 20 Mei 2016 dengan jumlah jam pelajaran sebanyal 240 jam pelajaran.

Sementara itu kejuruan yang dilaksanakan ini diantaranya Kejuruan Las Listrik, Kejuruan Prosesing Makanan, Kejuruan Sepeda Motor, Kejuruan Menjahit.

*Abu

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *