Kegiatan Diklat LKJIP Kabupaten Bima Digelar

Kabupaten Bima, Kahaba.- Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bima HM. Qurban membuka secara resmi kegiatan Diklat Penyusunan Laporan Kinerja Intansi Pemerintahan Lingkup Pemkab Bima, di aula Hotel Lila Graha Kota Bima, Senin (27/2).

Ilustrasi

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi NTB yang juga sebagai  narasumber, Kepala BKD beserta jajarannya, para peserta diklat yang berasal dari masing – masing SKPD lingkup pemerintah Kabupaten Bima.

HM. Qurban dalam arahan menyampaikan, diklat merupakan media akuntabilitas yang dapat digunakan sebagai komunikasi pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah daerah, sekaligus pedoman yang dapat mendorong tumbuhnya Instansi Pemerintah yang efisien, efektif dan juga responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungannnya.

“Oleh karena itu, kepada semua aparatur diharapkan untuk tetap berpegang pada tata peraturan dan mekanisme sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Aparat pemerintah juga diwajibkan mengetahui, memahami dan secara konsisten memegang teguh pelaksanaan peraturan yang ada,” ujarnya.

Dipaparkan pula, dalam menjalankan roda pemerintahan, semua yang dikerjakan pemerintah daerah harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat melalui mekanisme yang telah diatur. Salah satu pertanggungjawaban yang harus disusun pemerintah daerah adalah Laporan Kinerja Pemerintah yang dalam periode tertentu harus disusun dan dipertanggungjawabkan.

Guna menyempurnakan laporan, khususnya terkait penyusunan laporan kinerja intansi pemerintah diharapkan dapat diperoleh kewajaran dalam laporan keuangannya. Untuk itu, menjadi kebutuhan yang mendesak agar dapat mengambil langkah dan memulai lembaran baru dalam bentuk perubahan-perubahan kebijakan untuk pengelolaan barang milik daerah. Sehingga kegiatan seperti ini menjadi salah satu langkah awal sebagai upaya peningkatan kemampuan sumberdaya aparatur.

“Kegiatan Diklat seperti ini juga dapat memberikan nilai tambah dalam peningkatan kemampuan dan ketrampilan, khususnya bagi para Aparatur Sipil Negara yang menyusun laporan kinerja intansi pemerintah yang berada di lingkup Pemerintah Kabupaten Bima,” paparnya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan Asikin dalam laporannya mengatakan, guna mencapai penyusunan Laporan Kinerja Intansi Pemerintah yang baik dan menyamakan persepsi proses penyusunanya, maka diperlukan pendidikan dan pelatihan tentang penyusunan Laporan Kinerja Intansi Pemerintah. Sehingga melalui diklat ini, peserta memiliki keterampilan menyusun laporan kinerja instansi pemerintah sesuai dengan aturan.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *