Siswa KB, TK Ya Bunayya dan SD Integral Lukman Al Hakim Praktek Manasik Haji

Kota Bima, Kahaba.- Siswa Kelompok Belajar (KB), TK Ya Bunayya dan SD Integral Lukman Hakim mengikuti praktek manasik haji di halaman Museum ASI Bima, Kamis (24/8). Memperkenalkan rukun Islam kelima itu juga didampingi orang tua siswa.

Proses Manasik Haji yang dilaksanakan Siswa KB, TK Ya Bunayya dan SD Integral Lukman Al Hakim. Foto: Bin

Kepala SD Integral Lukman Al Hakim Usman Kadir menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan sejak dini rukun Islam kepada anak – anak, agar bisa mengetahui suasana dan proses haji.

“Meskipun pelaksanaannya tidak sesempura yang ada di Madinah dan Mekkah, paling tidak kita kenalkan secara garis besar pelaksaaan haji,” ujarnya.

Prosesnya jelas Usman, dimulai star dari sekolah itu ibarat star dari Indonesia menuju Madinah yang diibaratkan di lapangan Serasuba. Siswa kemudian berkumpul di Arafah atau di Museum ASI Bima.  Setelah itu menuju ke muzdalifah dan melempar jumrah sekali.

Kemudian dilanjutkan dengan tahlul, tawaf dan sholat di makam Ibrahim lalu meminum air Zam – zam.  Setelah melaksanakan Sai, kemudian kembali ke Mina. Jamaah atau anak-anak lalu kembali melempar jumrah sebanyak 3 kali. Terakhir melaksanakan Tawaf Wadaf.

“Prosesnya diikuti semua oleh siswa dan didampingi oleh orang tua. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar,” katanya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *