Undang Parpol, Panwaslu Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pemilu

Kabupaten Bima, Kahaba.- Menghadapi pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Panwaslu Kabupaten Bima menggelar sosialisasi pengawasan di Aula Rumah Makan Doro Belo, Selasa (27/02). Hadir dalam kegiatan tersebut ketua parpol tingkat Kabupaten Bima peserta pemilu tahun 2019.

Panwaslu Kabupaten Bima saat sosialisasi pengawasan tahapan Pemilu. Foto: Firman

Ketua Panwaslu Kabupaten Bima Abdullah mengatakan, tahapan Pemilu diatur dalam peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017. Kegiatan ini diawali dengan pendaftaran Parpol dan verifikasi keanggotaan Parpol, yang sudah dilewati dengan hasil akhir ditentukanya 14 Parpol peserta Pemilu tahun 2019.

“Kegiatan ini penting untuk dilaksanakan. Karena tugas menyukseskan Pemilu bukan saja tanggungjawab penyelenggara Pemilu, tetapi menjadi tanggungjawab kita semua termasuk Parpol,” jelasnya.

Sehingga ia berharap kepada pengurus Parpol untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pemilu di tingkat Kabupaten Bima.

Disamping itu, keterlibatan dan partisipasi masyarakat untuk mengawasi Pemilu merupakan keharusan guna suksesnya pengawasan Pemilu. Sehingga jargon “Bawaslu Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu” mampu direalisasikan.

“Apalagi saat ini tahapan Pemilu sudah berjalan sehingga dibutuhkan pengawasan dari masyarakat untuk mencegah potensi kecurangan, ” katanya.

Abdullah menambahkan, dengan jumlah personil Panwaslu dan jajaran yang terbatas. Tidak memungkinkan untuk mengawasi Pemilu di Kabupaten Bima yang memiliki jumlah penduduk cukup banyak dan wilayah yang cukup luas. Sehingga dibutuhkan pengawasan partisipatif dari masyarakat dan semua pihak.

Dirinya pun merasa yakin ketika banyak pihak baik itu partai politik maupun masyarakat terlibat secara aktif, maka pelaksanaan pemilu yang lancar, aman dan sukses akan terwujud.

*Kahaba-08

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *