275 JCH Kota Bima Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 275 Jamaah Calon Haji (CJH) Kota Bima kini mulai mengikuti tahapan dan bimbingan manasik haji tingkat Kecamatan. Kegiatan tersebut digelar panitia bersama jajaran Kementerian Agama selama 10 hari mulai hari Senin sampai Sabtu (19-29/6).

Ilustrasi

Dengan ketentuan, para JCH wajib mengikuti semua tahapan manasik haji agar dapat memahami tugas dan tanggung jawab selama di kota Suci Makkah.

“Manasik haji digelar dimasing-masing KUA Kecamatan. Semuanya berjalan dengan lancar,” ujar Ketua pantia H Furkan Ar Roka, Kamis (29/6).

Furkan menuturkan, berdasarkan panduan manasik haji maka seluruh JCH mengikuti berbagai rangkaian pembekalan materi di lapangan. Diantaranya proses perjalanan haji, akhlak, pelaksanaan sholat arbain, hak dan kewajiban setiap jemaah haji serta manasik kesehatan.

“Guna menunjang kegiatan pembekalan tersebut, seluruh CJH akan diberikan pengetahuan dan ilmu oleh beberapa pemateri yang telah ditunjuk oleh pihak kemenag Kota Bima,” katanya.

Furkan menjelaskan, setelah semua tahapan manasik haji selesai. Maka tahapan selanjutnya para CJH akan mempersiapkan diri untuk diberangkatkan dari Kota Bima ke Kota Mataram, pada tanggal 28 Juli. Karena CJH asal Kota Bima termasuk kategori CJH kloter pertama, maka selanjutnya pada tanggal 29 Juli akan langsung berangkat ke tanah suci Makah untuk pelaksanaan ibadah haji.

Ia menambahkan, mengingat perjalanan ibadah haji pasti akan menguras tenaga dan fisik. Diimbau agar seluruh CJH menjaga kondisi kesehatan, agar saat waktu keberangkatan, pelaksanaan ibadah haji dan saat kembali ke tanah air dalam keadaan selalu sehat walafiat.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *