Gelombang Kepedulian Masyarakat Untuk Mursina

Kota Bima, Kahaba.- Kisah pilu Mursina (22) tahun warga asal Desa Parado Wane Kecamatan Parado Bima yang perutnya membesar diduga akibat infeksi pasca melahirkan mengetuk hati banyak orang. Organisasi paguyuban wartawan Mbojo Journalis Club (MJC) Bima melakukan penggalangan dana untuk kesembuhan Mursina.

Kediaman Mursina saat mobil ambulans dan relawan menjemputnya untuk berobat ke RSUD Bima. Foto: Kusuma Aminatta

Mobil ambulans terparkir di depan kediaman Mursina bersama relawan yang menjemputnya untuk berobat ke RSUD Bima. Foto: Kusuma Aminatta

Noval, yang secara mendadak ditunjuk oleh rekan-rekannya menjadi koordinator penggalangan dana mengungkapkan, dirinya mulai melakukan penggalangan dana semenjak dua hari lalu, setelah sejumlah wartawan Bima berkumpul usai membuat berita untuk Mursina. “Semua bermula dari jejaring sosial Facebook (FB). Kami mengetahui info Mursina berkat keluarganya yang memosting foto Mursina dengan kondisi yang sangat memprihatinkan,” katanya, Kamis (21/3/2013).

Selain disampaikan secara langsung, sejumlah wartawan media lokal Bima maupun regional NTB itu kemudian menyebarkan seruan kepedulian lewat telepon dan SMS. Pemberitaan media masing-masing dan jejaring sosial Facebook juga ikut digencarkan, sehingga kondisi Mursina dapat diketahui oleh lebih banyak orang baik di Kota/Kabupaten Bima maupun di luar daerah.

Berkat informasi yang disebarkan itu, ia mengaku beberapa orang baik di daerah maupun luar daerah menyatakan kesiapan untuk membantu. Bahkan kepedulian itu datang dari orang-orang Bima yang bekerja di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) seperti Hongkong dan Korea. Mereka ikut menyumbang melalui rekening disepakati untuk menampung dana peduli Mursina.

“Alhamdulillah, tidak kami sangka sebelumnya, berbagai kalangan yang mendengar seruan itu merespon positif dengan memberikan bantuan,” kata wartawan Stabilitas yang bertubuh tambun itu.

Sementara itu Ketua MJC, Indra Gunawan mengungkapkan, pihaknya akan terus menggalang dana hingga dirasa cukup untuk membantu biaya operasi Mursina. “Untuk sementara, selama dua hari terakhir aksi dilakukan sudah terkumpul sekitar Rp1,7 juta berasal dari bantuan berbagai pihak,” terangnya.

Tidak hanya itu, MJC bekerja sama dengan FOKKA Jakarta yang juga ikut membantu penggalangan dana. Lembaga sosial Bima itu bersama MJC telah menyerahkan dana sebanyak Rp4 juta lebih kepada Mursina untuk membiayai pengobatan awalnya. “Kami juga sudah mengubungi Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dan mereka mengaku sudah siap menanggung semua biaya rujukan dan operasi Mursina” tambahnya. [BK]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *