Tertibkan Kearsipan, Pemkab Dompu Gelar Bimtek

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Kearsipan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, Senin (24/9).

Perwakilan OPD Setda Dompu nampak serius mengikuti Bimtek Kearsipan yang digelar di Gedung PKK. Foto: Ady

Bupati Dompu H Bambang M Yasin saat sambutannya menjelaskan, kegiatan ini bukan semata-mata menggugurkan kewajiban untuk menghabiskan anggaran, melainkan berpijak pada kebutuhan dan keinginan yang datang dari diri sendiri.

“Kearsipan, jika anda tidak merasa butuh untuk belajar tertib melalui proses yang benar dan penyimpanan yang benar maka jangan lakukan Bimtek. Kecuali anda benar membutuhkan ilmu ini maka ikuti dengan serius dan konsisten,” tegasnya.

HBY sapaan akrabnya, mengimbau untuk tertib kearsipan dimulai dari teknik korespondensi atau surat menyurat yang harus mengikuti standarisasi nasional. Karena korespondensi atau surat menyurat harus memperhatikan teknik penulisan termasuk tanda baca.

“Mari bersama segera kita benahi dimulai dari korespondensi dengan cara banyak membaca dan memperbanyak perbendaharaan kata,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DPKD Rohyani dalam laporannya di awal acara mengatakan acara ini di maksudkan untuk meningkatkan tata kelola kearsipan di masing-masing OPD.

“Tujuan utama Bimtek ini untuk merapikan pengelolaan kearsipan yang belum optimal dan menghasilkan tenaga terampil, serta siap pakai sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat” jelasnya.

Menurut dia, ke depan peningkatan kualitas kearsipan masing-masing OPD menjadi bagian dari fokus perbaikan sistem pemerintahan yang akan diwariskan bagi generasi selanjutnya.

“Setelah melakukan Sosialisasi Kearsipan Bulan April lalu, tahap ke II ini adalah pelaksanaan Bimtek Kearsipan yang sedang berlangsung sekarang. Dan selanjutnya akan di adakan Lomba Kearsipan antar OPD memperebutkan Piala Bupati,” pungkas Rohyani mengakhiri laporannya.

Untuk diketahui, pembukaan Bimtek tersebut di hadiri oleh beberapa Kepala OPD dan sebanyak 50 perwakilan OPD dan bagian Setda tersebut. Para peserta nampak serius memperhatikan dengan seksama arahan langsung Bupati Dompu, H Bambang M Yasin, ketika membuka secara resmi kegiatan yang bertempat di Gedung PKK tersebut.

*Kahaba 09

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *