Kabar Kota Bima

15 Anggota Panwascam di Kota Bima Dilantik, Atina: Jaga Integritas dan Fungsi Pengawasan

918
×

15 Anggota Panwascam di Kota Bima Dilantik, Atina: Jaga Integritas dan Fungsi Pengawasan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima menggelar kegiatan pelantikan dan pembekalan 15 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Bima, di Rumah Dinning Kecamatan Mpunda, Sabtu 25 Mei 2024.

15 Anggota Panwascam di Kota Bima Dilantik, Atina: Jaga Integritas dan Fungsi Pengawasan - Kabar Harian Bima
Pelantikan dan Pembekalan Panwascam se-Kota Bima untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima Tahun 2024. Foto: Ist

Kegiatan pelantikan tersebut juga dihadiri PJ Wali Kota Bima HM Rum, para Komisioner Bawaslu Kota Bima, Kepala Bakesbangpol Muhammad Hasyim, Kabag Prokopim Syahrial Nuryadin, Camat Raba M Irfan serta 15 anggota Panwascam.

15 Anggota Panwascam di Kota Bima Dilantik, Atina: Jaga Integritas dan Fungsi Pengawasan - Kabar Harian Bima

Ketua Bawaslu Kota Bima Atina meminta agar anggota Panwascam yang baru saja dilantik untuk berkomitmen menjaga integritas dan fungsi pengawasan dalam menjalankan tugas.

“Selamat bertugas, tetap jaga integritas dan bekerja profesional demi pelaksanaan pesta demokrasi yang aman, tertib, jujur dan adil, sehingga melahirkan pemimpin yang baik ke depan,” ujarnya.

Atina juga meminta Panwascam untuk memiliki sikap tegas dan integritas selama menjalankan tugas. Kemudian jangan pandang bulu terhadap oknum yang melakukan dugaan pelanggaran pemilu. Segera usut dan proses, lalu dibuatkan laporan agar bisa diproses sesuai aturan yang berlaku.

“Saat ini kami telah menangani 9 pelanggaran netralitas oleh ASN selama penyelenggara pemilu. Maka dari itu kami pertegaskan, Bawaslu akan menindak siapapun oknum yang melanggar aturan,” tegasnya.

Atina berharap, untuk seluru anggota Panwascam tetap solid, independent serta untuk terus meningkatkan kapasitas diri demi terselenggaranya pilkada yang aman, tertib dan damai.

“Jalankan tugas sesuai ketentuan, lalu pahami tupoksi sesuai serta selalu tingkatkan koordinasi dann komunikasi dengan jajaran pengawas pemilu, demi terselenggaranya pemilihan yang berkualitas,” harapnya.

Sementara itu PJ Wali Kota Bima H Muhammad Rum menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat pada anggota Panwascam yang telah dilantik, semoga bisa menjalan tugas pengawasan dengan baik dan sesuai dengan mekanisme aturan yang ada.

“Selamat menjalankan tugas, pemerintah daerah siap membantu kelancaran jalannya pemilihan agar terwujud pesta demokrasi yang jujur dan adil,” bebernya.

HM Rum menambahkan, adanya temuan Bawaslu terhadap ASN yang melakukan pelanggaran netralitas, maka dia turut menyampaikan imbauan pada aparatur agar bisa menjalankan tugas sesuai program pemerintah, dan tidak ikut terlibat dalam politik praktis.

“Saya sudah menginstruksikan pada BPSDM, agar menindak bila ada ASN yang terlibat politik praktis sesuai aturan yang berlaku,” tambahnya.

*Kahaba-04