Kabar Kota Bima

248 Siswa-Siswi SMKN 3 Kota Bima Ikut PKL

1668
×

248 Siswa-Siswi SMKN 3 Kota Bima Ikut PKL

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 248 siswa dan siswi SMKN 3 Kota Bima mengikuti pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di aula SMKN 3 Kota Bima pada Sabtu, 30 September 2023. Acara pembekalan ini menjadi momen penting dalam perjalanan akademik pelajar tersebut.

248 Siswa-Siswi SMKN 3 Kota Bima Ikut PKL - Kabar Harian Bima
Pembekalan PKL siswa-siswi SMKN 3 Kota Bima. Foto: Ist

Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainudin menjelaskan, PKL kali ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, PKL dilaksanakan selama tiga bulan, namun kali ini akan berlangsung selama enam bulan penuh.

248 Siswa-Siswi SMKN 3 Kota Bima Ikut PKL - Kabar Harian Bima

“Ini berarti siswa-siswa akan mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam dalam dunia kerja,” katanya.

Jainudin juga mengungkapkan bahwa PKL adalah salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa kelas XII, dan jika dihitung dalam jam pelajaran, setara dengan 792 jam pelajaran.

Ini menunjukkan betapa pentingnya pengalaman lapangan ini dalam membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk masa depan mereka.

Tidak hanya itu sambungnya, para siswa kelas XII ini akan menjelajahi berbagai tempat selama PKL mereka. Mereka akan tersebar hingga ke Surabaya, Bali, Mataram, Kota dan Kabupaten Bima, serta Labuan Bajo.

248 Siswa-Siswi SMKN 3 Kota Bima Ikut PKL - Kabar Harian Bima
Pembekalan PKL siswa-siswi SMKN 3 Kota Bima. Foto: Ist

“Ini adalah kesempatan berharga bagi siswa-siswi untuk mendapatkan wawasan yang luas dalam dunia kerja,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota dan Kabupaten Bima Siti Mariyatun saat memberikan sambutan menekankan pentingnya siswa-siswa ini untuk mampu mengikuti ritme kerja Dunia Usaha dan Dunia Kerja (DUDIKA), yang akan membantu mereka meraih kesuksesan di masa depan.

Menurutnya, PKL kali ini juga menjadi perjalanan panjang dan menantang bagi siswa-siswa SMKN 3 Kota Bima, namun juga membuka peluang besar untuk tumbuh dan berkembang dalam karier mereka yang akan datang.

“Semoga anak-anak kita semua sukses dan mendapatkan pengalaman berharga yang akan membentuk masa depan mereka,” harapnya.

*Kahaba-01