Pemilu

Bakesbangpol Kota Bima Terus Ingatkan ASN untuk Jaga Netralitas Jelang Pilkada 2024

383
×

Bakesbangpol Kota Bima Terus Ingatkan ASN untuk Jaga Netralitas Jelang Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bima Tahun 2024 semakin dekat. Menyambut perhelatan demokrasi yang akan digelar pada 27 November mendatang, Bakesbangpol terus mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai Kota Bima untuk menjaga netralitas dan tidak menunjukkan keberpihakan.

Bakesbangpol Kota Bima Terus Ingatkan ASN untuk Jaga Netralitas Jelang Pilkada 2024 - Kabar Harian Bima
Kepala Bakesbangpol Kota Bima, Muhammad Hasyim. Foto: Ist

Kepala Bakesbangpol Kota Bima, Muhammad Hasyim menegaskan, masyarakat akan segera menyambut pesta demokrasi lima tahunan ini, yang juga akan melibatkan ASN dan pegawai lainnya.

Bakesbangpol Kota Bima Terus Ingatkan ASN untuk Jaga Netralitas Jelang Pilkada 2024 - Kabar Harian Bima

“Posisi ASN adalah sebagai pelaksana program pemerintah dan pelayan masyarakat, yang selalu berada di bawah sorotan publik. Oleh karena itu, ASN harus bebas dari segala bentuk pengaruh dan tidak boleh memihak pada kepentingan politik, termasuk dalam Pilkada,” tegasnya, Senin 10 Juni 2024.

Hasyim menjelaskan, meskipun ASN memiliki hak pilih, mereka tetap harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu bersikap netral dan tidak berafiliasi dengan partai politik.

Netralitas ASN menjelang Pilkada tahun 2024 harus benar-benar diperhatikan, karena sudah ada aturan yang mengatur hal tersebut. Jika aturan ini dilanggar, maka akan ada sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami mengingatkan ASN untuk tidak terlibat dalam politik praktis, karena jika ikut serta, hal itu akan mengganggu pelayanan publik dan program pemerintah. ASN harus bersikap profesional dan netral, dengan fokus untuk mengutamakan kepentingan pelayanan publik,” tegasnya.

Hasyim menambahkan, dengan menjaga netralitas ASN, integritas dalam proses demokrasi akan terjaga, akan membawa dampak positif pada pelaksanaan program kerja dan pelayanan kepada masyarakat yang dapat berjalan maksimal.

*Kahaba-01