Sumpah Pemuda, Karang Taruna Rabangodu Selatan Lestarikan Nilai Budaya

Kota Bima, Kahaba.- Memperingati hari Sumpah Pemuda yang ditetapkan tiap tanggal 28 Oktober, Karang Taruna Bintang Selatan Kelurahan Rabangodu Selatan ambil bagian untuk mengisi hari yang penuh sejarah perjuangan pemuda Indonesia.

Pemuda Rabangdou Selatan menampilkan tarian daerah saat acara memperingati Hari Sumpah Pemuda. Foto: Deno

Bentuk kegiatan yang mereka gelar yakni pentas seni dan budaya, di lapangan sekretariat karang taruna setempat, Senin malam (29/10). Kreatifitas  pemuda dengan tema “Mari Tingkatkan Persatuan dalam Menjaga Nilai-Nilai Budaya Sebagai Pilar Identitas Daerah” itu pun ramai dihadiri warga.

Hadir pada kegiatan itu perwakilan Polres Bima Kota, perwakilan Dandim 1608 Bima dan Ketua Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kota Bima Diah Citra Parfitasari. Acara dibuka secara resmi oleh Lurah Rabangodu Selatan, Husni.

Saat acara dimulai, anak muda Kelurahan Rabangodu Selatan dengan kreatifnya menyajikan pergelaran seni dan budaya seperti Kareku Kandei dan Tari Pasapu Monca. Tidak hanya itu, pemuda setempat membawakan lagu tradisional dipadu musik modern. Warga yang hadir merasa terhibur dengan penampilan puluhan anak muda itu.

Ketua Karang Taruna Bintang Selatan Husnaidin menyampaikan, kegiatan tersebut terwujud berkat partrisipasi seluruh anak muda dan didukung berbagai pihak dan Ketua FPKT Kota Bima.

Ia pun mengajak seluruh anak muda untuk tetap berkomitmen membangun kebersamaan untuk kemajuan kelurahan disemua aspek.

“Saya pastikan kegiatan yang mengangkat dan melestarikan nilai budaya seperti ini tetap dilaksanakan tiap tahun. Untuk itu dukungan dan partisipasi dari semua pihak sangat kami harapkan,” ujarnya saat sambutan.

Ketua FPKT Kota Bima Diah Citra Parfitasari saat menyampaikan sambutan di acara Sumpah Pemuda di Kelurahan Rabangodu Selatan. Foto: Deno

Sementara itu, Ketua FPKT Kota Bima Diah Citra Parfitasari mengapresiasi kreatifitas pemuda Kelurahan Rabangodu Selatan. Karena menurutnya, anak muda harus punya peran penting dalam kemajuan pembangunan daerah.

“Pemuda harus inovatif, kreatif dan rasa optimis yang tinggi dalam menyiapkan konsep perubahan yang jauh lebih baik dan maju lagi kedepan,” ucapnya penuh semangat.

Dita, sapaan akrabnya, menambahkan. Pemuda harus memiliki konsep yang maju untuk mendorong kemajuan daerah Kota Bima kedepan. Jika pemuda harus terjerumus pada kenakalan dan mengarah pada hal – hal yang negatif, maka masa depan pemuda di ambang kehancuran.

“Jauhi narkoba, karena narkoba akan membunuh kreatifitas pemuda,” pesannya.

Di tempat yang sama, Lurah Rabangodu Selatan Husni saat membuka secara resmi acara tersebut juga sangat mengapresiasi kreatifitas anak muda tersebut. Ia berharap juga kepada seluruh elemen masyarakat untuk mendukung kreatifitas pemuda.

Dirinya juga mengingatkan agar pemuda tetap saling menjaga keharmonisan, hindari konflik dan perselisihan. Yang tidak kalah penting, anak muda untuk tidak sekali – kali mencoba untuk mengonsumsi narkoba dan minuman keras.

“Anak muda adalah pelopor perubahan. Untuk itu saya berharap jauhi narkoba dan minuman keras,” inginnya.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *