Kabar Bima

BKPSDM Tes Pemetaan Potensi dan Kompetensi Pejabat Eselon II

222
×

BKPSDM Tes Pemetaan Potensi dan Kompetensi Pejabat Eselon II

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Untuk mengetahui kualitas pejabat Pemerintah Kota Bima, BKPSDM menggelar tes potensi dan kompetensi untuk 15 pejabat eselon II, di SMAN 3 Kota Bima, Rabu (23/1).

BKPSDM Tes Pemetaan Potensi dan Kompetensi Pejabat Eselon II - Kabar Harian Bima
Suasana Tes Pemetaan Potensi dan Kompetensi Pejabat Eselon II di SMAN 3 Kota Bima. Foto: Eric

Kata Sekretaris BKPSDM Kota Bima Rusdhan AR, tahapan tes ini merupakan tahapan yang kedua, karena pada tahapan pertama telah digelar di Kota Mataram November tahun 2018 lalu.

BKPSDM Tes Pemetaan Potensi dan Kompetensi Pejabat Eselon II - Kabar Harian Bima

“Tes ini digelar selama 2 hari, mulai Rabu dan Kamis (23-24/1). Tujuannya untuk mengetahui potensi dan kompetensi pejabat eselon II,” ujarnya.

Dijelaskan Rusdhan, jumlah peserta yang mengikuti tes sebanyak 15 orang. Tapi berdasarkan absensi dan pantauan panitia, 2 orang pejabat eselon II tidak bisa hadir. Alasan ketidakhadiran belum diketahui pasti.

Selama 2 hari pelaksanaan tes ini sambungnya, para peserta akan dites pengembangan potensi yang dimiliki, kecakapan dalam bekerja hingga pengelolaan manajemen.

“Seleksi ini untuk mengetahui kemampuan peserta, diantaranya kemampuan personal, sikap kerja, kemampuan managerial dan potensi lain yang dimiliki,” bebernya.

Sementara itu Ketua Tim Asesor BKD Provinsi NTB Erwin Rahadi menambahkan, kegiatan ini digelar berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk ditempatkan pada kualifikasi, kompetensi, potensi.

Setelah tes, pihaknya akan memeriksa hasil pekan depan. Kemudian akan disampaikan langsung kepada BKPSDM dan juga kepala daerah.

*Kahaba-04