oleh

Selesai Kerjakan Dana Desa Tahap III, Pemdes Cenggu Fokus Buat Laporan

-Kabar Bima-4 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sejumlah desa di Kecamatan Belo sedang melaksanakan program pembangunan menggunakan dana desa tahap ketiga tahun 2019. Lebih cepat dari yang lain, Pemerintah Desa (Pemdes) Cenggu rupanya sudah rampung merealisasikan pengerjaan dana desa tahap ketiga.

Sekretaris Desa (Sekdes) Cenggu Hermansyah. Foto: Ahyar

Sekretaris Desa (Sekdes) Cenggu Hermansyah mengatakan, program tahap ketiga dana desa tahun 2019 dikerjakan sejak bulan Nobember, saat ini semua sudah rampung direalisasikan, baik program fisik maupun non fisik.

“Alhamdulillah semua program fisik dan non fisik seperti pemberdayaan semuannya sudah selesai pada tanggal 19 Desember 2019 kemarin,” ujarnya, Senin (30/12).

Kata dia, pada tahap ketiga, ada 5 program fisik yang dikerjakan yakni jalan ekonomi tani, rabat area persawahan, drainase, saluran DAM Raba Toi, dan Saluran So Lampasa. Selain program fisik juga ada pembinaan aparatur desa dan pemberdayaan pemuda.

“Ini memang program prioritas, karena kebutuhan utama masyarakat,” katanya.

Ia menjelaskan, setelah semua rampung, ada sisa anggaran. Anggaran itu oleh Pemdes digunakan untuk pembukaan gang baru di belakang kantor desa dan penimbunan gang yang tergenang air hujan di RT 08/RW 03.

Saat ini, pihaknya sedang membuat laporan LPPD dan LKPPJ akhir tahun. Sesuai regulasi, laporan selembat-lambatnya disampaikan 3 bulan setelah tahun anggaran. Kendati demikian, Pemdes setempat akan usahakan rampung sebelum itu.

“Laporan akhir tahun akan kita usahakan sekitar bulan Januari, atau paling lambat Februari,” terangnya.

*Kahaba-C09

Komentar

Kabar Terbaru