Kabar Bima

Antisipasi Corona, Camat Wawo Minta Semua Pihak Bekerja Sama

414
×

Antisipasi Corona, Camat Wawo Minta Semua Pihak Bekerja Sama

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Cegah penyebaran Virus Corona di wilayah Kecamatan Wawo, Pemerintah Kecamatan Wawo setelah mengelar rapat dengan KUPT terkait dan kades, kemudian mengeluarkan surat imbauan meminta untuk memantau dan melaporkan setiap masyarakat yang baru pulang dari daerah lain atau dari luar negeri, ke petugas puskesmas. Agar bisa ditindaklanjuti sesuai dengan protap penanganan virus.

Antisipasi Corona, Camat Wawo Minta Semua Pihak Bekerja Sama - Kabar Harian Bima
Camat Wawo Syarifudin Bahsyar. Foto: Ist

Camat Wawo Syarifudin Bahsyar mengatakan, kepada kades diminta menyampaikan secara luas kepada masyarakat melalui masjid atau musholla maupun media lain yang ada di masing-masing desa.

Antisipasi Corona, Camat Wawo Minta Semua Pihak Bekerja Sama - Kabar Harian Bima

“Dengan begitu semua masyarakat mengetahui imbauan ini dan melaksanakannya,” ujar Camat, Rabu (25/3).

Selain imbauan, hari kamis besok akan dilaksanakan pembentukan satgas penanganan Virus Corona. Tim ini nantinya akan menyusun rencana-rencana dalam upaya mencegah penyebaran Covid 19 di tanah Wawo.

“Sekaligus besok akan melakukan penyemprotan disinfektan pada tempat ibadah dan sarana pelayanan umum lain,” katanya.

Syarifudin juga meminta kerja sama dari masyarakat supaya juga memperhatikan imbaun yang telah dikeluarkan pemerintah. Misalnya kepala keluarga memastikan bagi anggota keluarga yang datang dan pulang dari luar daerah atau luar negeri, diwajibkan untuk mengecek kesehatan terlebih dahulu.

Kepala keluarga meminta kepada anggota keluarganya yang berada di luar daerah atau luar negeri diimbau menunda pulang kampung, tidak keluar rumah atau perjalanan keluar daerah kecuali sangat penting.

Kemudian menunda semua kegiatan pengumpulan orang banyak, memeriksa kesehatan jika kondisi tubuh demam, flu, batuk, sakit kepala, tenggorokan sakit dan sesak napas.

“Jangan lupa kita berdoa memohon kepada Allah SWT agar kita terhindar dari Virus Corona dan kita di berikan kesehatan,” imbaunya.

Selain itu, diminta juga untuk selalu jaga kesehatan dengan rajin cuci tangan dengan sabun secara rutin. Gunakan metode lain untuk bersapa tanpa saling bersentuhan, gunakan masker jika flu dan batuk. Pastikan bila batuk dan bersin, maka tutupi dengan tisu atau lipatan siku tangan, mengkonsumsi buah dan sayur serta memasak daging dan telur hingga matang serta olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

*Kahaba-08