Kabar Kota Bima

Orientasi TPK, DPPKB Ajak Kader PKK dan Bidan Turunkan Angka Stunting

477
×

Orientasi TPK, DPPKB Ajak Kader PKK dan Bidan Turunkan Angka Stunting

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bima menggelar kegiatan orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK), dan mengajak kader PKK serta bidan dalam upaya pencegahan dan percepatan penurunan stunting.

Orientasi TPK, DPPKB Ajak Kader PKK dan Bidan Turunkan Angka Stunting - Kabar Harian Bima
Kgiatan Orientasi TPK yang digelar DPPKB Kota Bima. Foto: Ist

Kegiatan yang dihelat di Aula Kantor Penyuluhan KB Kecamatan Raba, Senin 27 Maret 2023 itu dipimpin Kepala DPPKB Nurjanah, Sekretaris Hj Dewi Triyani, perwakilan pemerintah kecamatan, serta 66 kader PKK dan bidan.

Orientasi TPK, DPPKB Ajak Kader PKK dan Bidan Turunkan Angka Stunting - Kabar Harian Bima

Kepala DPPKB Ibu Nurjanah menyampaikan, kader merupakan bagian dari ujung tombak pemerintah daerah untuk memberikan edukasi pada keluarga yang menjadi sasaran, bahwa stunting sangat penting dan harus dituntaskan.

“Penyebab stunting tidak hanya masalah kekurangan asupan makanan bergizi, namun banyak faktor penyebab lain seperti sanitasi dan lingkungan yang kurang sehat, kurangnya ketersediaan sarana air bersih, dan juga kebiasaan buruk di lingkungan keluarga,” ungkapnya.

Maka dari itu, kata dia berharap agar seluruh peserta yang hadir dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan orientasi. Terutama dapat memahami materi yang disampaikan pembimbing, lalu mengaplikasikan kembali pada masyarakat.

“Usai kegiatan ini kami berharap pada seluruh kader dan bidan, mampu melakukan pendampingan berbasis aplikasi dalam rangka mencegah stunting. Khususnya pemanfaatan maksimal aplikasi elektronik Siap Nikah dan Hamil (elsimil),” katanya.

Nurjanah menambahkan, terdapat beberapa hal penting yang menjadi pembahasan dari kegiatan tersebut, di antaranya mekanisme kerja TPK, Komunikasi Antar Pribadi (KAP) dalam Pendampingan Keluarga, penggunaan Elsimil, 1000 HPK serta peran strategis kampung KB.

*Kahaba-04