Kabar Kota Bima

SMKN 3 Kota Bima Panen Karya P5, Puluhan Produk Usaha Dipamerkan

580
×

SMKN 3 Kota Bima Panen Karya P5, Puluhan Produk Usaha Dipamerkan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Ratusan pelajar kelas X dan XI SMKN 3 Kota Bima menggelar kegiatan panen karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dipusatkan di halaman sekolah setempat, Selasa (20/12). Kegiatan dimaksud juga dihadiri KCD Dikbud Bima dan Kota Bima serta puluhan pejabat lain.

SMKN 3 Kota Bima Panen Karya P5, Puluhan Produk Usaha Dipamerkan - Kabar Harian Bima
Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Panen Karya P5. Foto: Ist

Ketua panitia kegiatan Imam Bukhari saat laporannya menyampaikan, sebelum pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan terlebih dahulu siswa bersama panitia menyusun proposal dan mengajukan kepada sejumlah pihak. Agar bisa menjalin kerjasama sebagai mitra kerja untuk membuat produk.

SMKN 3 Kota Bima Panen Karya P5, Puluhan Produk Usaha Dipamerkan - Kabar Harian Bima

“Dari beberapa pihak yang kami ajak kerjasama, hanya ada dua sponsor kegiatan yang turut terlibat yaitu CV Pustaka Abbasy Mandiri dan UD Tiga Putri. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaannya memfasilitasi dan membantu kegiatan siswa,” ucapnya.

Ia menjelaskan, selama pelaksanaan acara seluruh hasil panen karya yang dihasilkan siswa kelas X dan XI juga difasilitasi oleh fasilitator dan koordinator P5, kemudian menentukan produk yang akan dibuat sesuai dengan ide masing-masing. Artinya sesuai tema “kewirausahaan” yang diangkat, yaitu bagaimana membuat produk yang memiliki nilai usaha

SMKN 3 Kota Bima Panen Karya P5, Puluhan Produk Usaha Dipamerkan - Kabar Harian Bima
Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin saat menyampKegiatan Panen Karya P5 yang diadakan SMKN 3 Kota Bima. Foto: Eric

“Alhamdulillah puluhan produk yang dihasilkan memiliki kualitas dan nilai ekonomi, di antaranya beberapa panen karya tersebut selai mangga, bawang goreng, stik daun kelor, pakaian adat daerah, casual, jasa foto boks, sablon gelas, topi dan kaus serta produk olah tradisional lainnya,” sebutnya.

Menurut Wakasek kesiswaan itu, panen karya itu turut dirangkaikan dengan penampilan karya seni yang bernilai budaya seperti tari tradisional, kontemporer, fashion show, permainan rakyat. Hal ini dilakukan selain menarik minat dan motivasi siswa untuk berkreasi dalam membuat produk, sekaligus mempromosikan lembaga sekolah pada masyarakat bahwa sekolah setempat siap mencetak generasi emas gemilang.

“Kegiatan ini bertujuan bagian dari implementasi dari kurikulum merdeka, dimana tugas seorang guru dalam menuntun pelajar untuk mencapai derajat keselamatan dan kebahagiaan, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu,Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin menambahkan, panen karya P5 untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi, keahlian serta karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

“Siswa kami diberikan kebebasan mengeksplorasi keberagaman produk yang diolah sehingga bernilai ekonomi, serta budaya daerah yang diangkat untuk meningkatkan menumbuhkan pembentukan karakter dan jiwa nasionalisme,” tambahnya.

*Kahaba-04