Kabar Kota Bima

Cegah Penyebaran Demam Berdarah, Dikes dan PKM Mpunda Fogging di Kelurahan Lewirato

628
×

Cegah Penyebaran Demam Berdarah, Dikes dan PKM Mpunda Fogging di Kelurahan Lewirato

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima dan Puskesmas (PKM) Mpunda melaksanakan fogging di Kelurahan Lewirato, Kamis pagi 13 Juni 2024. Langkah ini diambil untuk membunuh jentik nyamuk yang dapat menyebabkan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Cegah Penyebaran Demam Berdarah, Dikes dan PKM Mpunda Fogging di Kelurahan Lewirato - Kabar Harian Bima
Fogging di Kelurahan Lewirato. Foto: Ist

Kabid P3PL Dinas Kesehatan Kota Bima Hj Fithriany mengatakan, Fogging tersebut merupakan upaya pencegahan yang dilakukan agar jumlah warga yang terjangkit penyakit DBD di Kelurahan Lewirato tidak bertambah.

“Langkah ini diambil karena sebelumnya seorang anak warga Lewirato terjangkit DBD dan dirawat di rumah sakit,” ungkapnya.

Fithriany menjelaskan, fogging dilakukan di rumah warga yang terjangkit demam berdarah dan dilanjutkan ke rumah-rumah lain di sekitarnya yang memungkinkan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti, penyebab DBD.

Selain melakukan fogging, Fithriany juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Langkah-langkah ini diharapkan dapat meminimalisir penyebaran penyakit DBD di wilayah tersebut,” katanya.

Fithriany menambahkan, selain itu, upaya pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien yakni dengan cara Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) menggunakan metode 3M Plus yakni Menguras, Menutup, Mendaur Ulang Barang Bekas.

*Kahaba-01