Kabupaten Bima

Ciptakan Kamseltipcar Lantas, Sat Lantas Polres Bima Rutin Kegiatan Rawan Pagi

341
×

Ciptakan Kamseltipcar Lantas, Sat Lantas Polres Bima Rutin Kegiatan Rawan Pagi

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dalam rangka Ciptakan Kamseltipcar lalu lintas serta menjaga ketertiban lalu lintas pagi hari, Sat Lantas lewat program rawan pagi setiap hari menjaga arus lalu lintas di beberapa titik tertentu, salah satunya di depan SDN Panda, Jumat (26/8).

Ciptakan Kamseltipcar Lantas, Sat Lantas Polres Bima Rutin Kegiatan Rawan Pagi - Kabar Harian Bima
Sat Lantas Polres Bima saat bertugas menjaga ketertiban lalu lintas pagi hari. Foto: Ist

Kasat Lantas Polres Bima IPTU Niko Hardianto melalui Kasi Humas IPTU Adip Widayaka menyampaikan, menjaga ketertiban lalu lintas di wilayah hukum khususnya di pagi hari, Satuan Lalu Lintas Polres Bima Polda NTB rutin melakukan kegiatan yang biasa disebut sebagai Kegiatan Rawan Pagi. Kegiatan dilaksanakan setiap pagi mulai Pukul 06.00 Wita.

Ciptakan Kamseltipcar Lantas, Sat Lantas Polres Bima Rutin Kegiatan Rawan Pagi - Kabar Harian Bima

Pada kegiatan tersebut, Sat Lantas Polres Bima menyebarkan sejumlah personilnya di titik-titik yang rawan kemacetan dan yang ramai diseberangi pejalan kaki, salah satunya di depan SDN Panda, Palibelo.

“Menjaga keselamatan para pelajar paling diutamakan saat pagi hari, teruma anak SD,” ujarnya.

Kata Adib, kegiatan rawan pagi itu juga merupakan wujud dari pelayanan prima Polri terhadap masyarakat, sehingga masyarakat pengguna jalan saat memulai aktifitasnya di pagi hari menjadi lancar, serta untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pejalan kaki.

Mengingat mobilitas kegiatan dan akses jalan oleh masyarakat itu tinggi di pagi hari, seperti ke pasar, sekolah, bekerja dan lain sebagainya, jadi lewat kegiatan rawan pagi tersebut, pihaknya berharap terciptanya Kamseltipcar Lantas di Wilayah Hukum Polres Bima.

Kamseltipcar Lantas yang dimaksud adalah Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas. Yakni situasi dan kondisi dimana penggunaan lalu lintas merasa baik, merasa aman karena terbebas dari rasa ketakutan dengan adanya ancaman hambatan maupun gangguan yang tidak terduga.

“Salah satu contohnya, menciptakan keamanan dan kenyamanan pada para siswa-siswi di depan SDN Panda, saat akan menyeberangi jalan raya menuju sekolah,” katanya.

Selain masalah Kamseltipcar dan Fatalitas Laka Lantas, pada kegiatan rawan pagi itu lanjut Adib, para personil Sat Lantas Polres Bima juga menghimbau masyarakat yang lewat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan tetap mematuhi semua aturan berlalu lintas.

*Kahaba-05