Kabar Kota Bima

Diberangkatkan ke SJI, Disnaker Beri Arahan untuk 30 CPMI Kota Bima

601
×

Diberangkatkan ke SJI, Disnaker Beri Arahan untuk 30 CPMI Kota Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 30 orang Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Kota Bima dalam waktu dekat akan diberangkatkan ke Surabaya, untuk menjalani pelatihan dan pembekalan di PT Sahabat Jepang Indonesia (SJI).

CPMI Kota Bima
CPMI Kota Bima saat menerima arahan dari Kepala Disnake Kota Bima. Foto: Ist

Hari ini, Selasa 3 Januari 2023 puluhan CPMI ini diberi arahan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) H Tafsir didampingi Instruktur Bahas Jepang Ending Suryawan, sebelum diberangkatkan.

Diberangkatkan ke SJI, Disnaker Beri Arahan untuk 30 CPMI Kota Bima - Kabar Harian Bima

“Hari kita beri arahan, karena CPMI ini akan diberangkatkan tanggal 7-8 Januari guna mengikuti pelatihan Bahasa Jepang dan keterampilan di SJI Surabaya,” ujar Tafsir.

Diakuinya, para CPMI ini semua dari latar belakang pendidikan yang berbeda. Ada dari SMA, SMK, Sekolah Kesehatan, juga dari Alumni pelatihan Bahasa Jepang di BLK Kota Bima.

“Mereka akan menjalani pelatihan selama 6 bulan, akan diberikan pembekalan keterampilan dan Bahasa Jepang,” katanya.

Ia berharap, para CPMI ini bisa mengikuti pelatihan dengan baik, menjaga etika dan sopan santun. Kemudian bersungguh-sungguh dan yang terpenting menjaga nama baik daerah.

“Pasalnya SJI ini betul-betul menjadikan Kota Bima dan Bima pada umumnya untuk perekrutan,” terang Tafsir.

Dirinya juga mengungkapkan, sebagai bentuk keseriusan PT SJI, pada tanggal 28 Januari nanti akan datang ke Kota Bima untuk seleksi tenaga perawat sebanyak 200-500 orang. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Poltekkes Mataram Bima dan beberapa sekolah kesehatan.

“Merdeka nanti juga akan diberikan pelatihan dan penguasaan Bahasa Jepang,” tuturnya.

Tafsir menambahkan, perekrutan inj merupakan yang pertama kali dilakukan oleh PT SJI. Sebelumnya, lebih awal sudah berkoordinasi dan menggelar kegiatan sosialisasi CPMI ke Jepang yang diadakan di Dinas Tenaga Kerja Kota Bima.

“Semoga kerjasama ini terus berkelanjutan,” harapnya lagi.

*Kahaba-01