Kabar Kota Bima

Disnaker Kota Bima Adakan Pelatihan untuk Meningkatkan Kapasitas Tenaga Kerja

1051
×

Disnaker Kota Bima Adakan Pelatihan untuk Meningkatkan Kapasitas Tenaga Kerja

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bima menggelar pelatihan tenaga kerja terampil di Balai Latihan Kerja (BLK) Kelurahan Melayu, Kamis 21 September 2024.

Disnaker Kota Bima Adakan Pelatihan untuk Meningkatkan Kapasitas Tenaga Kerja - Kabar Harian Bima
Foto bersama Kepala Disnaker Kota Bima dengan peserta latihan kerja. Foto: Ist

Plt Kepala Disnaker Kota Bima Amsor mengungkapkan, sebanyak 192 tenaga kerja dari berbagai kelurahan mendapatkan pelatihan dalam beragam program jurusan seperti Tata Boga, Tata Rias, Teknik Pengelasan, Otomotif, Servis Ac hingga Pelatihan Bahasa Jepang.

“Dana pelatihan ini berasal dari APBN sebesar Rp 900 juta untuk 12 paket pelatihan dan APBD sebesar Rp 400 juta untuk 2 paket pelatihan,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pelatihan ini berlangsung selama satu bulan, didampingi pembimbing yang profesional dan kompeten, baik dari Provinsi NTB maupun lembaga pendidikan di Kota Bima. Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan diuji kompetensinya oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Setelah mengikuti pelatihan, peserta akan mendapatkan bantuan peralatan usaha dari APBD untuk membuka lapangan kerja mandiri, serta sertifikat sebagai bukti keikutsertaannya dalam pelatihan ini,” tambahnya.

Amsor menambahkan bahwa sejumlah peserta pelatihan bahasa Jepang awal tahun ini telah berhasil berangkat bekerja di Jepang, dengan total 17 orang melalui PT Sahabat Jepang Indonesia (SJI).

*Kahaba-04