Pendidikan

Jelang PKK di RSUD NTB, 35 Mahasiswa STIKES Yahya Ikut Pembekalan dan Uji Skill Laboratorium

856
×

Jelang PKK di RSUD NTB, 35 Mahasiswa STIKES Yahya Ikut Pembekalan dan Uji Skill Laboratorium

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 35 mahasiswa Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) Yahya Bima mengikuti kegiatan pembekalan dan uji skill laboratorium. Pelaksanaan orientasi itu dilakukan di kampus setempat, selama tiga hari sejak tanggal 11 sampai 13 Juni 2024 tersebut.

Jelang PKK di RSUD NTB, 35 Mahasiswa STIKES Yahya Ikut Pembekalan dan Uji Skill Laboratorium - Kabar Harian Bima
Mahasiswa STIKES Yahya Bima saat mengikuti pembekalan Praktik Klinik Kebidanan (PKK) dan ujian skill laboratorium. Foto: Ist

Ketua Prodi Kebidanan STIKES Yahya Bima Nurbaniy menyampaikan, kegiatan tersebut bentuk persiapan mahasiswa yang akan mengikuti Praktik Klinik Kebidanan (PKK) di RSUD Provinsi NTB, yang berlangsung mulai tanggal 18 Juni sampai 8 Juli 2024.

“Pembekalan bertujuan untuk mensosialisaikan pada mahasiswa, mengenai etika, perilaku, soft skill dan kemampuan lain,” ujarnya, Jumat 14 Juni 2024.

Ia menjelaskan, selama pembekalan mahasiswa mendapatkan materi pembelajaran dari narasumber berupa pemahaman dasar keilmuan, tata cara kerja praktik, hingga sistem dan bagaimana manajemen rumah sakit. Hal ini dilakukan agar selama berada di lokasi PKK, dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dengan baik dan benar.

“Adapun materi yang disampaikan berupa kesehatan dan keselamatan pasien, peningkatan mutu, BHD, komunikatif efektif, keselamatan kerja, pelayanan kefarmasian dan penggunaan obat hingga profil dan tata tertib rumah sakit,” katanya.

Nurbaniy menambahkan, setelah mengikuti rangkaian pembekalan mahasiswa nanti akan disebar ke berbagai instalasi maupun unit yang ada di rumah sakit. Hal ini agar pengalaman kerja yang didapatkan oleh mahasiswa lebih efektif.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa bisa beradaptasi selama rangkaian PKK di RSUD Provinsi NTB, serta bekal kesiapan dalam menangani pasien nantinya,” harapnya.

*Kahaba-04