Kabar Kota Bima

PAD Dishub Kota Bima Merangkak Naik

696
×

PAD Dishub Kota Bima Merangkak Naik

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bima mengalami merangkak naik. Terhitung hingga Agustus Tahun 2023, data terbaru mencapai angka sebesar 578 juta rupiah, atau setara dengan 40,55 persen dari target awal sebesar Rp 1,4 miliar rupiah.

PAD Dishub Kota Bima Merangkak Naik - Kabar Harian Bima
Kepala Dinas Perhubungan Kota Bima HM Farid. Foto: Bin

“Perbandingan dengan tahun sebelumnya pada Agustus 2022 menunjukkan perkembangan positif, di mana pada periode tersebut PAD Dishub hanya mencapai 37 persen dari target sebesar 1,6 miliar rupiah,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Bima HM Farid, Senin 4 September 2023.

Diakuinya, peningkatan tersebut dapat dikategorikan kepada beberapa sumber pendapatan utama, seperti Kendaraan Bermotor (KIR) dan Pendapatan Parkir.

Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa target pendapatan tahun ini mengalami penurunan karena beberapa sumber PAD telah dialihkan ke dinas lain, seperti penanganan Gedung Serba Guna yang diserahkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta RSUD Kota Bima yang kini ditangani oleh Dinas Kesehatan.

“Tapi kami tetap optimis untuk mencapai target pendapatan yang lebih tinggi hingga akhir tahun 2023, dengan harapan mencapai angka sekitar 75 persen dari target awal,” katanya.

Untuk mencapai sasaran ini sambungnya, Dishub telah melakukan sejumlah upaya. Salah satunya adalah melakukan inventarisasi dan penetapan titik parkir yang lebih terstruktur, termasuk mengadakan kontrak kerja dengan juru parkir secara langsung.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan Pendapatan Kendaraan Bermotor (KIR), Dishub juga mengarahkan kendaraan yang masuk ke Kota Bima, dengan fokus ke pengujian KIR.

“Dengan langkah-langkah ini, Dishub Kota Bima berharap dapat terus meningkatkan PAD untuk mendukung pembangunan dan pelayanan publik di Kota Bima,” tambahnya.

*Kahaba-01